Pengaruh Merek, Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Loyalitas Merek pada Konsumen Ritel PT. Sinar Rajawali Spring Cabang Semarang

Fita Lestari, 3352405006 (2012) Pengaruh Merek, Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Loyalitas Merek pada Konsumen Ritel PT. Sinar Rajawali Spring Cabang Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui pengaruh merek terhadap loyalitas merek pada PT Sinar Rajawali Spring Cabang Semarang, 2) mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas merek pada PT Sinar Rajawali Spring Cabang Semarang, 3) mengetahui pengaruh harga terhadap loyalitas merek pada PT Sinar Rajawali Spring Cabang Semarang, 4) mengetahui pengaruh promosi terhadap loyalitas merek pada PT Sinar Rajawali Spring Cabang Semarang. 5) Mengetahui pengaruh merek, kualitas produk, harga, dan promosi terhadap loyalitas merek pada PT Sinar Rajawali Spring Cabang Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen ritel PT. Sinar Rajawali Spring Cabang Semarang dengan jumlah 120 toko. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu merek, kualitas produk, harga, dan promosi sedangkan variabel terikat loyalitas merek. Penelitian ini menggunakan teknik penarikan sampel dengan purposive sampling dan didapat 45 reponden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan meliputi teknik análisis deskriptif dan regresi berganda. Pengujian hipótesis secara parsial dan simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel merek berpengaruh positif namun tidak signifikan, sedangkan variabel kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan. Variabel harga berpengaruh positif tidak signifikan, demikian juga dengan variabel promosi yang hasilnya berpengaruh positif namun tidak signifikan Simpulan penelitian ini adalah semakin baik variabel merek, kualitas produk, harga dan promosi maka akan semakin baik pula loyalitas merek tersebut. Disarankan hendaknya perusahaan melakukan pemberian informasi kepada konsumen sehingga dapat memberikan penguatan merek dan juga kualitas produk secara lebih konsisten serta lebih teliti dalam pemilihan bahan baku spring bed, harga jual yang ditetapkan hendaknya tidak jauh lebih tinggi dari harga produk pesaing dan penyebaran informasi yang lebih luas lagi jangkauannya, seperti melalui penggunaan media surat kabar lokal ataupun pemberian brosur dan selebaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Nama merek, kualitas produk, harga, promosi, loyalitas
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 24 Oct 2012 21:15
Last Modified: 24 Oct 2012 21:16

Actions (login required)

View Item