Pengembangan CD Interaktif Degradasi Lingkungan Sebagai Media Dan Sumber Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 5 Purworejo Tahun Ajaran 2011/2012

Yudi Aryanto, 3201408073 (2012) Pengembangan CD Interaktif Degradasi Lingkungan Sebagai Media Dan Sumber Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 5 Purworejo Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Kegiatan pembelajaran yang diinginkan pada kurikulum KTSP adalah pembelajaran yang berpusat pada siswa (students centered learning). Siswa dituntut aktif dan senantiasa ambil bagian dalam aktivitas belajar. Hasil observasi menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran Geografi di SMA Negeri 5 Purworejo masih minim dalam hal penggunaan media dan sumber pengajarannya, pembelajaran cenderung masih bersifat kurang inovatif. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana cara pembuatan media CD Interaktif Degradasi Lingkungan? (2) Bagaimana proses pembelajaran geografi dalam uji coba media CD Interactive Degradasi Lingkungan pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Purworejo Tahun Ajaran 2011/2012? (3) Bagaimana tingkat kelayakan materi media CD Interaktif Degradasi Lingkungan sebagai sumber belajar geografi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Purworejo. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui cara pembuatan media CD Interaktif Degradasi Lingkungan. (2) Mengetahui proses pembelajaran geografi dalam uji coba media CD Interaktif Degradasi Lingkungan siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Purworejo. (3) Mengetahui kelayakan materi media CD Interaktif Degradasi Lingkungan sebagai sumber belajar geografi siswa kelas XIIPS SMA Negeri 5 Purworejo. Metode yang digunakan dalam mengkaji permasalahan tersebut adalah metode Research & Development. Metode pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukan media CD Interaktif Degradasi Lingkungan dibuat dengan menggunakan software Adobe Flash CS3 Professional, dari proses pembuatan media didapat validasi media CD Interaktif Degradasi Lingkungan dengan persentase sebesar 86,67%, dengan kriteria media “sangat layak” dan pada uji coba media skala terbatas diperoleh persentase tanggapan siswa terhadap proses pembelajaran menggunakan media CD Interaktif Degradasi Lingkungan sebesar 91,33%, dengan kriteria media “sangat baik”. Berdasarkan hasil validasi materi media CD Interaktif Degradasi Lingkungan sebagai sumber belajar geografi diperoleh persentase kelayakan materi sebesar 87,47%, dengan kriteria “sangat layak”. Simpulan penelitian ini yaitu pembuatan media CD Interaktif Degradasi Lingkungan menggunakan software Adobe Flash CS3 Professional. Media CD Interaktif Degradasi Lingkungan sangat layak digunakan dalam pembelajaran geografi. Materi media sangat layak dijadikan sebagai sumber belajar geografi. Saran dari penelitian ini adalah media CD Interaktif Degradasi Lingkungan dapat diterapkan oleh guru sebagai media dan sumber belajar alternatif dalam pembelajaran geografi pokok bahasan pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup karena media pembelajaran ini sudah teruji tingkat kelayakannya baik sebagai media maupun sumber beajar geografi dan media ini memiliki kelebihan dibandingkan dengan media pembelajaran geografi yang masih bersifat konvensional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: CD Interaktif Degradasi Lingkungan, Media Belajar, Sumber Belajar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 24 Oct 2012 00:21
Last Modified: 24 Oct 2012 00:21

Actions (login required)

View Item