Penerapan Metode Probing Prompting Dalam Proses Pembelajaran Geografi di SMA Al Uswah Kota Semarang Tahun 2011/2012

Jafri Gustap Silaban, , 3201405033 (2012) Penerapan Metode Probing Prompting Dalam Proses Pembelajaran Geografi di SMA Al Uswah Kota Semarang Tahun 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Pelajaran Geografi memiliki karakter materi yang khas, yang berbeda dengan materi yang lain. Maka dari itu, hal ini menjadi sangat penting bagi guru untuk bisa menerapkan strategi belajar mengajar yang tepat. Kemampuan aktif seorang guru harus dituntut lebih bisa mengedepankan pemahaman siswa dari berbagai sisi, termasuk sisi kognitif, afektif, dan psikomotorik. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode Probing Prompting dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi sebelum dan sesudah menggunakan metode Probing Prompting pada siswa kelas X SMA Al Uswah, Kota Semarang. Berdasarkan rumusan masalah yang ada, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Probing Prompting dan hasil belajar mata pelajaran Geografi sebelum dan sesudah menggunakan metode Probing Prompting pada siswa kelas X SMA Al Uswah, Kota Semarang. Metode probing-prompting adalah pembelajaran dengan cara guru menyajikan serangkaian pertanyaan yang sifatnya menuntun dan menggali sehingga terjadi proses berpikir yang mengaitkan pengalaman dengan pengetahuan baru yang sedang dipelajari. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Al Uswah, Kota Semarang Kelas X berjumlah 25 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa mata pelajaran Geografi pada pokok bahasan gejala-gejala yang terjadi dalam atmosfer yang mencakup aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes, dan observasi. Tekhnik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode tes yakni pre test dan post test kemudian dilakukan analisis deskriptif prosentase untuk merumuskan hasil penelitian. Pada penelitian ini diperoleh hasil bahwa siswa yang diajar menggunakan metode Probing Prompting mengalami peningkatan pencapaian ketuntasan belajar pada pelajaran geografi materi gejala-gejala yang terjadi diatmosfer sebesar 80%. Dari pengamatan yang telah dilakukan selama proses pembelajaran dengan metode Probing Prompting terhadap aspek afektif, diperoleh data rata-rata perolehan nilai sebesar 81,60 metode Probing Prompting terhadap aspek psikomotor, diperoleh data bahwa selama pembelajaran dengan rata-rata perolehan nilai sebesar 81,00. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa metode Probing Prompting sangat baik diterapkan dalam pembelajaran geografi kelas X SMA Al Uswah Kota Semarang pada materi gejala-gejala yang terjadi diatmosfer, Saran dari penelitian ini adalah metode kooperatif tipe Probing Prompting dapat diterapkan sebagai model pembelajaran Geografi pokok bahasan materi gejala-gejala yang terjadi diatmosfer karena model pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar baik aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Probing Prompting, Pembelajaran Geografi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 23 Oct 2012 22:35
Last Modified: 23 Oct 2012 22:35

Actions (login required)

View Item