Upaya Peningkatan Pembelajaran Lompat Jauh Menggunakan Media Simpai Pada Siswa Kelas V SD Negeri Sukomarto Kecamatan Jumo Kabupaten Temanggung Tahun 2012

Juwandi , 6102910184 (2012) Upaya Peningkatan Pembelajaran Lompat Jauh Menggunakan Media Simpai Pada Siswa Kelas V SD Negeri Sukomarto Kecamatan Jumo Kabupaten Temanggung Tahun 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah kurangnya motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran lompat jauh sehingga proses belajar mengajar penjasorkes di sekolah kurang berkembang. Permasalahan dari penelitian ini adalah Apakah pembelajaran lompat jauh dapat meningkatkan hasil pembelajaran siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar lompat jauh menggunakan media simpai pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2siklus , dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari beberapa langkah Yaitu: (1) melakukan perencanaan (2) Melaksanakan pelaksanaan kegiatan penelitian, (3) Analisis data penelitian, (4) merefleksika hasil pengamatan, Pengumpulan data diperoleh dari kuisioner yang diperoleh dari evaluasi guru penjaskes yang berjumlah 2 orang, serta kuisioner yang diisi oleh siswa pada siklus I dan Siklus II berjumlah 16 anak. Data berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuisioner oleh siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah Deskriptif Presentase untuk mengungkap aspek psikomotorik, koknitif dan afektif siswa setelah menggunakan produk. Dari hasil penelitian di siklus I diperoleh data dari ahli pembelajaran 1 rata-rata 3,5(baik) ahli pembelajaran 2 rata-rata 3,9 (baik). Siklus ke II ahli pembelajaran 1 rata-rata 3,6 (baik), ahli pembelajaran 2 rata-rata 4,2 (baik) kuisioner anak pada siklus I 91,25% (sangat baik), siklus II 93,12% (sangat baik). Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran lompat jauh menggunakan media simpai pada siswa kelas V SD Negeri Sukomarto dapat digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran penjasorkes. Dari hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa siswa tertarik dalam mengikuti pembelajaran lompat jauh dengan media simpai. Diharapkan bagi guru pendidikan jasmani di Sekolah dasar untuk dapat menggunakan produk pembelajaran lompat jauh menggunakan media simpai dalam pelaksanaan pendidikan jasmani di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 18 Oct 2012 22:08
Last Modified: 18 Oct 2012 22:08

Actions (login required)

View Item