Pengaruh Motivasi, Disiplin Belajar, Kompetensi Pedagogik Guru Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi-Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA N 1 Cepiring Kabupaten Kendal Tahun Ajaran 2011/2012

Ana Rowiyah , 7101408324 (2012) Pengaruh Motivasi, Disiplin Belajar, Kompetensi Pedagogik Guru Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi-Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA N 1 Cepiring Kabupaten Kendal Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Prestasi belajar merupakan penilaian terhadap keberhasilan seorang siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Prestasi belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik faktor internal maupun faktor eksternal siswa. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh positif dan signifikan motivasi, disiplin belajar, kompetensi pedagogik gurudan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi-akuntansi siswa kelas XI IPS SMA N 1 Cepiring Kabupaten Kendal Tahun Ajaran 2011/2012 baik secara simultan maupun parsial. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh positif yang berarti (signifikan)motivasi, disiplin belajar, kompetensi pedagogik guru dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi-akuntansi siswa baik secara simultan maupun parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS di SMANegeri 1Cepiringtahun 2011/2012 yang berjumlah 148 siswa, dan ditetapkan sampel sebesar 108 siswa. Variabel yang dibahas dalam penelitian ini adalah motivasi, disiplin belajar, kompetensi pedagogik guru, perhatian orang tua dan prestasi belajar. Pengumpulan data dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil perhitungan besarnya pengaruh secara simultan motivasi, disiplin belajar, kompetensi pedagogik gurudan perhatian orang tua memberikan kontribusi terhadap prestasi belajar sebesar 49,4%. Secara parsial besarnya pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar sebesar 4,93%, besarnya pengaruh disiplin belajar sebesar 3,92%, besarnya pengaruh kompetensi pedagogik guru sebesar 14,9%, sedangkanbesarnya pengaruh perhatian orang tua sebesar 4,97%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan motivasi, disiplin belajar, kompetensi pedagogik gurudan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi-akuntansi siswa kelas XI IPS SMA N 1 Cepiring baik secara simultan maupun parsial. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian yaitu untuk meningkatkan prestasi belajar, siswa harus lebih meningkatkan motivasi belajarnya. Bagi pihak sekolah, sebaiknya siswa diberi teguran dan pengarahan agar siswa lebih mentaati proses belajar yang dilakukan disekolah. Bagi guru, sebaiknya lebih memahami akan karakteristik peserta didik. Bagi orang tua siswa, sebaiknya lebih meluangkan waktu untuk kaitanya kebutuhan akan psikologis anak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Disiplin Belajar, Kompetensi Pedagogik Guru, Perhatian Orang Tua, Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 18 Oct 2012 21:59
Last Modified: 18 Oct 2012 21:59

Actions (login required)

View Item