Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi/Akuntansi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batangan Tahun Ajaran 2011/2012

Heni Cahyaningsih , 7101408007 (2012) Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi/Akuntansi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batangan Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Prestasi belajar kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi/akuntansi di SMA Negeri 1 Batangan belum maksimal. Banyak siswa yang mendapat nilai di bawah Kriteria KetuntasanMinimal. Hal ini disebabkan oleh faktor intern maupun faktor ekstern, diantaranya adalah kecerdasan emosional dan lingkungan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi.akuntansi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batangan tahun ajaran 2011/2012, pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi/akuntansi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batangan tahun ajaran 2011/2012, dan pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi/akuntansi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batangan tahun ajaran 2011/2012. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batangan yang berjumlah 104 siswa. Variabel yang diteliti adalah kecerdasan emosional dan lingkungan keluarga sebagai variabel bebas dan prestasi belajar sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data yaitu dokumentasi dan angket. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi Y = 47,1 + 0,178 + 0,192 . Kontribusi pengaruh kecerdasan emosional dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi/akuntansi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batangan sebesar 46,9%. Pengaruh kecerdasan emosional terhadap sebesar 15,5% dan pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar sebesar 15,8%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kecerdasan emosional dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi/akuntansi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batangan tahun ajaran 2011/2012. Saran penulis antara lain sebaiknya pihak sekolah khususnya bidang kesiswaan sebaiknya memberikan pengarahan mengenai kecerdasan emosional agar siswa menjadi seorang yang cerdas, bermartabat dan berakhlak mulia, siswa hendaknya mengelola kecerdasan emosionalnya dengan baik sehingga mampu bertanggung jawab atas dirinya sendiri, dan keluarga hendaknya selalu memperhatikan kegiatan belajar anaknya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Kecerdasan Emosional, Lingkungan Keluarga
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 18 Oct 2012 21:52
Last Modified: 18 Oct 2012 21:52

Actions (login required)

View Item