Modifikasi pembelajaran lompat tinggi gaya guling perut (straddle) menggunakan media tali dalam pembelajaran pendidikan jasmani kelas V SD N 3 Bebengan Kecamatan Boja Kabupaten Kendal tahun pelajaran 2011/2012

Zakiyah , 6102910119 (2012) Modifikasi pembelajaran lompat tinggi gaya guling perut (straddle) menggunakan media tali dalam pembelajaran pendidikan jasmani kelas V SD N 3 Bebengan Kecamatan Boja Kabupaten Kendal tahun pelajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran lompat tinggi gaya guling perut (straddle) siswa kelas V SD 3 N Bebengan Kecamatan Boja Kabupaten Kendal serta membuka wawasan bagi para guru Pendidikan Jasmani untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD N 3 Bebengan Kecamatan Boja Kabupaten Kendal yang berjumlah 20 anak. Penelitian ini dilaksanakan oleh dua orang, yaitu dua orang mitra peneliti dalam hal ini berperan sebagai kolaborator atau pengamat selama pembelajaran berlangsung, dan peneliti sendiri dalam hal ini sebagai pelaksana pembelajaran atau sebagai guru. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan naratif mendeskriptifkan seluruh kejadian selama implementasi tindakan dan analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase yang menunjukkan hasil angket dan penguasaan teknik lompat tinggi gaya guling perut (straddle)siswa. Dari hasil penelitian siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 64,44 atau 56,67% siswa yang baru mengalami ketuntasan individual. Hasil tersebut tidak sesuai dengan yang diharapkan, oleh karena itu perlu diadakan siklus berikutnya. Dari hasil penelitian siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 77,08 atau 76,67% siswa telah mengalami ketuntasan individual. Sesuai dengan indikator kinerja yang ditandai dengan peningkatan nilai siswa yaitu mencapai KKM 65 tiap individu atau melebihi target yang diinginkan yaitu 75% siswa telah mengalami ketuntasan individual, maka pelaksanaan siklus II yang sudah mencapai ketuntasan 76,67% dikatakan berhasil, sehingga tidak perlu dilakukan siklus berikutnya. Penelitian ini telah membuktikan bahwa pemanfaatan media tali dapat meningkatkan hasil pembelajaran lompat tinggi gaya guling perut (straddle,) siswa kelas V SD N 3 Bebengan Kecamatan Boja Kabupaten Kendal Tahun Ajaran 2011/2012. Hasil penelitian menunjukan bahwa, proses pemebelajaran gerak dasar lompat tinggi gaya guling perut dengan metode bermain bagi kelas V SD Negeri 3 Bebengan Kecamatan Boja Kabupaten kendal sangat efektif dilihat dari peningkatan pada indikator partisipasi dan nilai pratik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lompat Tinggi, Bermain, Tali
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 18 Oct 2012 21:18
Last Modified: 18 Oct 2012 21:18

Actions (login required)

View Item