Meningkatkan Minat Belajar Aktivitas Ritmik melalui Musik yang sedang disukai Masyarakat pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Sarirejo Kaliwungu Kabupaten Kendal Tahun 2012

Andi Firmanto , 6102910113 (2012) Meningkatkan Minat Belajar Aktivitas Ritmik melalui Musik yang sedang disukai Masyarakat pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Sarirejo Kaliwungu Kabupaten Kendal Tahun 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Latar Belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah “ Bagaimana pembelajaran dengan Musik dapat meningkatkan Minat Belajar Aktivitas Ritmik siswa kelas IV semester II SD Negeri 2 Sarirejo ? “. Penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Sarirejo Semester II tahun 2011/2012. Langkah-langkah yang ditempuh dalam penelitian ini diawali dengan rnelaksanakan pree tes minat senam siswa kemudian disusun langkah-langkah sesuai dengan identifikasi masalah yang digunakan. Tindakan diprogramkan dalam dua siklus: 1) SikIus I, Pembelajaran Aktivitas Ritmik diawali dengan mengisi kuesioner pada siswa yang sudah dibagi menjadi 2 kelompok dengan jumlah soal yang ada masing-masing anak 7 soal kuesioner.kemudian dengan demontrasi dengan menggunakan Senam Ria Anak Indonesia. 2) Siklus II, Pembelajaran senam yang dilakukan dengan lagu iwak peyek pada siswa yang sudah dibagi menjadi 2 kelompok dengan masing-masing kelompok putra dan putri. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tekhnik Pengamatan dan Kuesioner data yang diperoleh dari siswa. Hasil dari penelitian ini yaitu: Didasarkan pada data hasil penelitian prosentase dan kondisi hasil pre test maupun dari siklus I dan siklus II, yaitu hasil pretest nilai rata-rata minat melakukan gerakan senam pada pelaksanaan tindakan siklus I, dan meningkat lagi pada pelaksanaan tindakan siklus II. Peningkatan minat senam ritmik sehagaimana bukti di atas juga didukung oleh meningkatnya proses pembelajaran. Proses pembelajaran meningkat dari kondisi awal, pada sikius I, dan pada tindakan siklus II. Pada kondisi awal skor total perolehan pencapaian terhadap proses pembelajaran sebesar 63,8 atau 63,8%. Pencapaian ini meningkat 5% pada siklus I, yaitu menjadi 67,2%. Pada siklus II meningkat lagi menjadi 71.7% atau naik 12% dari kondisi awal. Kesimpulan penelitian Pada kondisi awal pencapaian ini rneningkat 5% pada siktus I, yaitu menjadi 67,2%. Pada siklus II meningkat lagi menjadi 71.7% atau naik I 2% dari kondisi awal. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai minat dan juga hubungan minat siswa terhadap musik populer jenis tertentu terhadap perilaku siswa, atau mengenai kecenderungan minat dan pengaruhnya terhadap belajar gerak ritmik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar Gerak Ritmik
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 18 Oct 2012 21:15
Last Modified: 18 Oct 2012 21:15

Actions (login required)

View Item