Upaya meningkatkan Tekhnik menendang bola dalam pembelajaran Sepakbola dengan menggunakan metode menendang bola jarak dekat dari samping kanan atau kiri dari gawang pada siswa Kelas IV Semester II SD Negeri Gebanganom Kecamatan Rowosari Tahun 2012

Herman Setiyono , 6102910083 (2012) Upaya meningkatkan Tekhnik menendang bola dalam pembelajaran Sepakbola dengan menggunakan metode menendang bola jarak dekat dari samping kanan atau kiri dari gawang pada siswa Kelas IV Semester II SD Negeri Gebanganom Kecamatan Rowosari Tahun 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “ Apakah pembelajaran dengan bermain dapat meningkatkan kemampuan bermain Sepakbola pada gerakan menendang siswa kelas IV semester II SD Negeri Gebanganom ? “. Penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Gebanganom Semester II tahun 2011/2012. Langkah-langkah yang ditempuh dalam penelitian ini diawali dengan rnelaksanaka pree tes kemampuan menendang dan mendribel bola siswa kemudian disusun langkah-langkah sesuai dengan identifikasi masalah yang digunakan. Tindakan diprogramkan dalam dua siklus: 1) SikIus I, Pembelajaran sepakbola diawali dengan permainan dengan yang paling sederhana sepakbola pada siswa yang sudah dibagi menjadi 4 kelompok dengan jumlah bola yang ada masing-masing kelompok 1 buah. 2) Siklus II, Pembelajaran menendang yang diawali dengan permainan mengoper bola pada siswa yang sudah dibagi menjadi 4 kelompok dengan jumlah bola masing-masing kelompok 1 buah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tehnik tes dan observasi, data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif dengan prosentase. Hasil dari penelitian ini yaitu: Simpulan ini didasarkan pada data hasil penelitian prosentase dan kondisi hasil pre test maupun dari siklus I dan siklus II, yaitu hasil pretest nilai rata-rata kemampuan menendang sebesar 63,8 menjadi 67,2 pada pelaksanaan tindakan siklus I, dan meningkat lagi menjadi 73,7 pada pelaksanaan tindakan siklus II. Peningkatan Menendang dari samping kanan dan kiri sebagaimana bukti di atas juga didukung oleh meningkatnya proses pembelajaran. Kesimpulan penelitian Pada kondisi awal skor total perolehan pencapaian kuantitatif terhadap proses pembelajaran sebesar 63,8 atau 63,8%. Pencapaian ini rneningkat 5% pada siktus I, yaitu menjadi 67,2%. Pada siklus II meningkat lagi menjadi 71.7% atau naik I 2% dari kondisi awal, Meningkatnya proses pembelajaran secara logis akan mendorong meningkatnya prestasi belajar, yang dalam konteks ini adalah meningkatnya kemampuan siswa dalam melakukan Menendang dari samping kanan maupun samping kiri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 18 Oct 2012 21:09
Last Modified: 18 Oct 2012 21:09

Actions (login required)

View Item