Upaya Peningkatan Pembelajaran Passing Atas Dengan Modifikasi Permainan Kekuatan Pada Siswa Kelas V SD Negeri Maitan 01 Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2011/2012

Budi Wahono , 6102910081 (2012) Upaya Peningkatan Pembelajaran Passing Atas Dengan Modifikasi Permainan Kekuatan Pada Siswa Kelas V SD Negeri Maitan 01 Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Latar belakang pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani dan olahraga merupakan investasi jangka panjang dalam rangka upaya peningkatan sumber daya manusia Indonesia, hasil ini akan di capai dalam waktu yang cukup lama. Maka dari itu pendidikan jasmani dan olahraga perlu dilakukan sejak dasar, karena sebagai pondasi untuk kedepannya. Dan bola voli merupakan salah satu olahraga yang paling banyak diminati oleh semua orang. Maka dari itu sangat penting diberikan pembelajaran teknik-teknik bermain bola voli yang baik dan benar sejak usia dini. Permasalahan yang menjadi pusat perhatian dalam penelitian ini adalah: bagaimana upaya memperbaiki teknik passing atas melalui media permainan kekuatan pada pembelajaran bola voli kelas V SD Negeri Maitan 01 Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati Tahun Pembelajaran 2011/2012. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki teknik passing atas dengan baik dan benar melalui media pembelajaran permainan kekuatan, sehingga siswa mampu melakukan passing atas dengan baik dan tidak merasa kesulitan saat melakukan passing atas pada pembelajaran bola voli. Dari hasil penelitian dapat digambarkan bahwa pelaksanaan pembelajaran teknik passing atas melalui media permainan kekuatan kelas V SD Negeri Maitan 01. Aktivitas siswa dalam melakukan teknik passing atas pada siklus satu ini siswa yang sudah tuntas belajar 73, 36% dan siswa yang belum tuntas 26,64% dengan nilai rata-rata kelas 80,45. Karena belum melampaui indikator ketercapaian siklus pertama yaitu sebesar 80%, sehingga perlu dilaksanakan siklus dua. Hasil siklus dua menunjukkan bahwa,aktivitas siswa dalam melakukan teknik passing atas siswa yang tuntas belajar 86,31% dan yang belum tuntas 13,69% dengan rata-rata kelas 89,26. Pada pelaksanaan siklus dua, ketuntasan belajar peserta didik dan nilai rata-rata kelas sudah mencapai indikator yang ditetapkan yaitu 80%, sehingga pada penelitian siklus kedua ini dikatakan berhasil dengan kata lain penelitian ini sudah selesai pada siklus kedua dan tidak ada tindakan siklus yang lain lagi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulakan bahwa dalam upaya memperbaiki teknik passing atas pada pembelajaran bola voli kelas V dapat melalui media permainan kekuatan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Teknik Passing Atas pada Bola Voli, Permainan Kekuatan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 18 Oct 2012 21:06
Last Modified: 18 Oct 2012 21:06

Actions (login required)

View Item