Peningkatan Hasil Belajar Lempar Turbo Menggunakan Permainan Bola Tangan Dengan Bola Berekor , PTK di Kelas IV SD Negeri Medono 05 – Kota Pekalongan

Setiyawan Nugroho , 6102910194 (2012) Peningkatan Hasil Belajar Lempar Turbo Menggunakan Permainan Bola Tangan Dengan Bola Berekor , PTK di Kelas IV SD Negeri Medono 05 – Kota Pekalongan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Lempar turbo merupakan salah satu bentuk nomor lempar yang dapat dimodifikasi. Modifikasi digunakan sebagai salah satu alternatif pendekatan dalam pembelajaran pendidikan jasmani yang dilakukan dengan berbagai pertimbangan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah pembelajaran lempar turbo dengan bola berekor dapat meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran penjasorkes materi lempar turbo ? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kekuatan melempar dan mengetahui modifikasi pembelajaran lempar turbo dalam penjasorkes melalui permainan bola tangan dengan bola berekor pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Medono 05 Kota Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pemaparan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah 28 siswa, yang terdiri dari siswa putra berjumlah 10 dan siswa putri 18 siswa SD Negeri Medono 05 Kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan. Teknik pengumpulan data yaitu teknik penggunaan tes . Teknik analisa data menggunakan analisis deskriptif. Hasil ptk ini didapati hasil lempar turbo dengan menggunakan turbo asli menjadi 48,75 %, sedangkan hasil lempar turbo dengan menggunakan bola berekor menjadi 85 %, dimana prototipe produk modifikasi pembelajaran lempar turbo dapat digunakan. Siswa dapat mencapai indikator yang cukup baik dimana makna dari model pembelajaran lempar turbo dalam penjasorkes melalui permainan bola tangan dengan bola berekor pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Medono 05 Kota Pekalongan dapat digunakan. Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan metode pendekatan bermain bola tangan dengan bola berekor dapat meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran penjasorkes materi lempar turbo pada siswa kelas IV SD Negeri Medono 05 Kota Pekalongan. Saran penelitian ini penggunaan metode pembelajaran yang inovatif dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga memperoleh hasil belajar yang opotimal dan agar seorang guru dapat menerapkan dan termotivasi untuk mengajarkan modifikasi lempar turbo ini kepada peserta didiknya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 18 Oct 2012 17:46
Last Modified: 18 Oct 2012 17:46

Actions (login required)

View Item