Kemampuan Belajar Service Forehand Tinggi Permainan Bulutangkis Dengan Metode Bagian Bagi Siswa Kelas V SDN Margadana 6 Kecamatan Margadana Kota Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012

Cahyono, 6102910190 (2012) Kemampuan Belajar Service Forehand Tinggi Permainan Bulutangkis Dengan Metode Bagian Bagi Siswa Kelas V SDN Margadana 6 Kecamatan Margadana Kota Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Latar belakang penulisan skripsi ini adalah tidak tercapaianya hasil belajar service forehand tinggi karena banyak siswa yang belum mampu melakukannya, siswa pada pembelajaran service forehand tinggi merasakan kesulitan dalam melakukannya khususnya dalam gerakan servisnya. Permasalahan yang menjadi pusat perhatian dalam penelitian ini adalah : Bagaimana kemampuan belajar service forehand tinggi permainan bulutangkis dengan metode bagian bagi siswa kelas V SDN Margadana 6 Kecamatan Margadana Kota Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012?. Tujuan dari penelitian ini adalah : untuk mengetahui peningkatan kemampuan hasil belajar service forehand tinggi permainan bulutangkis dengan metode bagian bagi siswa kelas V SDN Margadana 6 Kecamatan Margadana Kota Tegal dilihat dari aspek kognitif, afektif, psikomotor dan fisik. Penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas V SDN Margadana 6 yang hadir dalam penelitian yaitu berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 18 siswa putra dan 12 siswa putri. Teknik analisa data menggunakan penilaian lembar observasi aktifitas siswa dan Instrumen/lembar analisis ketrampilan gerak dasar service forehand tinggi melalui praktik ketrampilan. Berdasarkan hasil penelitian dapat digambarkan bahwa pelaksanaan pembelajaran gerak dasar sevice forehand tinggi dengan metode bagian di SDN Margadana 6 Tahun Pelajaran 2011/ 2012, pada siklus I hasil persentase keberhasilan belajar siswa dalam melakukan keterampilan service forehand tingi pada siklus I yaitu sebesar 66,66% dengan nilai rata-rata 68,55 dan pada pelaksanaan siklus II mengalami kenaikan 100% dengan nilai rata-rata 75,67 dan dikategorikan tuntas karena telah mencapai KKM yaitu 70 dan indikator keberhasilan yaitu 80%. Dan pengamatan aktivitas siswa dalam mengikuti proses pembelajaran pada pelaksanaan siklus I hasil belajar mencapai 76% dan hasil pengamatan siklus II mencapai 88%. Penentuan untuk indikator keberhasilan dalam belajar yaitu 80%. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan metode bagian dapat meningkatkan kemampuan belajar service forehand tinggi permainan bulutangkis bagi siswa kelas V SDN Margadana Kecamatan Margadana Kota Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012. Peneliti juga mengajukan saran yaitu: 1) Bagi siswa, agar meningkatkan semangat dalam mengikuti pembelajaran dalam kondisi dan keadaan apapun, karena belajar sangat menyenangkan, kembangkan potensi dan skill sesuai dengan apa yang disukai, 2) Bagi guru, guru harus menggali ide-ide kreatif untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar, ciptakanlah pembelajaran yang menyenangkan dan mudah dipahami siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 18 Oct 2012 17:42
Last Modified: 18 Oct 2012 17:42

Actions (login required)

View Item