Upaya meningkatkan hasil belajar kayang melalui modifikasi alat bantu tambang dan ban bekas pada siswa kelas IV SD Negeri 03 Pegirirngan kecamatan Bantarbolang kabupaten Pemalang tahun 2012

Sumanto , 6102910187 (2012) Upaya meningkatkan hasil belajar kayang melalui modifikasi alat bantu tambang dan ban bekas pada siswa kelas IV SD Negeri 03 Pegirirngan kecamatan Bantarbolang kabupaten Pemalang tahun 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Latar belakang penulisan skripsi ini adalah tidak tercapainya hasil pembelajaran gerakkan kayang karena banyaknya siswa yang kurang tertarik dan merasa takut saat melakukan gerakan, dan siswa lebih menyukai pembelajaran cabang olahraga permainan. Permasalahan yang menjadi pusat perhatian dalam penelitian ini adalah : Bagaimana upaya meningkatkan hasil belajar kayang melalui modifikasi alat bantu tambang dan ban bekas pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Pegiringan kecamatan Bantarbolang kabupaten Pemalang tahun 2012 ?. Tujuan dari penelitian ini adalah : Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kayang melalui modifikasi alat bantu tambang dan ban bekas pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Pegiringan kecamatan Bantarbolang kabupaten Pemalang tahun 2012, dilihat dari aspek kognitif, afektif, psikomotor, dan fisik. Teknik analisis data menggunakan penilaian lembar observasi aktivitas guru, penilaian lembar observasi aktivitas siswa, instrumen analisis gerak dasar serta tes praktik Penilaian ini melibatkan seluruh siswa kelas IV Dasar Negeri 03 Pegiringan kecamatan Bantarbolang kabupaten Pemalang, yang hadir dalam penelitian yaitu berjumlah 27 dengan rincian siswa 10 siswa putri dan 17 siswa putra. Berdasarkan hasil penelitian dapat digambarkan bahwa pelaksanaan pembelajaran gerakkan kayang melalui modifikasi alat bantu tambang dan ban bekas, di SD negeri 03 Pegiringan kecamatan Bantarbolang kabupaten Pemalang, Aktivitas peneliti dalam mengajar gerakkan kayang melalui modifikasi alat bantu tambang dan ban bekas pada siklus pertama 76.23 %, sedang pada siklus kedua setelah melakukan perbaikan pada RPP, aktivitas peneliti dalam mengajar mencapai 83.33 %. Pada siklus kedua ini mengalami kenaikan sebesar 7,1%. Mengacu pada indikator ketercapaian aktivitas peneliti dalam mengajar dan aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran sebesar 80%, dan hasil dari siklus kedua dikatakan berhasil dan mempunyai kualifikasi sangat baik (A). Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran gerakkan kayang melalui modifikasi alat bantu tambang dan ban bekas mencapai 72.13 %, sedangkan pada siklus kedua setelah melakukan perubahan skenario pembelajaran di RPP, aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran mencapai 80.00 %, hal ini berarti ada kenaikan sebesar 7.87% pada pelaksanaan siklus kedua

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 18 Oct 2012 17:35
Last Modified: 18 Oct 2012 17:35

Actions (login required)

View Item