Upaya Peningkatan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Menggunakan Media Ban Bekas Pada Siswa Kelas V SDN Giyono, Kecamatan Jumo, Kabupaten Temanggung 2012

Dwi Wahyu Agustini, 6102910181 (2012) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Menggunakan Media Ban Bekas Pada Siswa Kelas V SDN Giyono, Kecamatan Jumo, Kabupaten Temanggung 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Teknik dasar lompat jauh sebenarnya tidak begitu kompleks, sehingga siswa seharusnya lebih cepat menguasai dan mencapai tingkat keberhasilan. Kenyataan yang ada di lapangan umumnya siswa belum mampu memperoleh hasil lompatan yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada pembelajaran lompat jauh gaya jongkok setelah melakukan pendekatan menggunakan media ban bekas. Penelitian ini menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Giyono yang berjumlah 31 siswa terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Penelitian berlangsung selama 2 siklus. Prosedur penelitian ini terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Dalam penelitian ini menggunakan Analisis Diskriptif dengan rumus Hake’s Coletta (2007). Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui media ban bekas pada pembelajaran lompat jauh gaya jongkok siswa kelas V SD Negeri Giyono mengalami peningkatan. Hasil pemahaman siswa (kognitif) siklus 1 persentase rata-rata mencapai 70% (Cukup baik). Pada siklus II persentase rata-rata mencapai 90% (Baik). Hasil pengamatan psikomotor selama siklus I dan siklus II juga mengalami peningkatan. Pada siklus I diperoleh persentase rata-ratanya mencapai 70%. Pada siklus II diperoleh persentase rata-rata sebesar 82%. Hasil pengamatan afektif selama siklus I dan siklus II juga mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai rata-rata mencapai 82 (Baik). Pada siklus II nilai rata-rata mencapai 90 (Baik). Hasil penilaian tanggapan siswa/kuesioner selama siklus I dan siklus II juga mengalami peningkatan. Pada siklus I persentase rata-rata mencapai 80% dengan kriteria baik. Pada siklus II persentase rata-rata mencapai 83% dengan kriteria baik juga. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran lompat jauh dengan menggunakan media ban bekas dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Giyono, Kecamatan Jumo, Kabupaten Temanggung. Saran bagi guru perlu inovasi dan kreatifitas dalam pembelajaran dan perlu memiliki kemampuan dalam penggunaan media, bagi siswa diharapkan lebih berminat untuk mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani khususnya cabang atletik dan bagi sekolah agar memperbaharui sarana dan prasarana berikut alat-alat olahraga sehingga semua siswa dapat mempergunakan fasilitas olahraga.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 18 Oct 2012 17:32
Last Modified: 18 Oct 2012 17:32

Actions (login required)

View Item