Upaya Peningkatan Hasil Belajar Guling Depan Dan Guling Belakang Menggunakan sarana Audio Visual Pada Siswa Kelas V Semester 2 SD Negeri 5 Karangawen Kecamatan Karangawen Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2011/2012

Muhamad Mastur, 6102910169 (2012) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Guling Depan Dan Guling Belakang Menggunakan sarana Audio Visual Pada Siswa Kelas V Semester 2 SD Negeri 5 Karangawen Kecamatan Karangawen Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Anak SD adalah anak yang mudah meniru perilaku apa yang dilihat dan di dengar, sehingga akan dapat mempengaruhi peningkatan hasil belajarnya. Siswa yang mendapat perhatian dan perlakuan khusus tentunya akan dapat menghasilkan atau menguasai apa yang diajarkan bahkan perlakuan individual sekaligus dengan diberikannya perlakuan dan perhatian yang lebih baik dalam belajar disekolah, tentunya akan lebih baik pula penguasaan ketrampilan terhadap mata pelajaran yang dipelajarinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang berhubungan dengan perlakuan dan penerapan media audio visual pada siswa kelas V SDN 5 Karangawen kecamatan Karangawen kabupaten Demak tahun pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan tahapan siklus. Obyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 5 Karangawen kecamatan Karangawen kabupaten Demak tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 26 siswa. Penelitian ini menggunakan alur setting dan hasil penelitian hanya berlaku bagi setting yang bersangkutan. Cara pengumpulan data melalui instrumen yang berupa angket, tes, dokumen dan saran observer. Analisis data dilakukan bersamaan dengan pengumpulan data dengan membandingkan data awal dengan data yang diperoleh pada setiap siklus. Hasil penelitian ini adalah dengan mempergunakan media pembelajaran audio visual dapat meningkatkan hasil belajar dan perilaku siswa terhadap proses pembelajaran. Dengan menggunakan media pembelajaran audio visual akan berdampak terhadap peningkatan penguasaan, perlakuan individual sehingga akan mampu meningkatkan aktifitas belajar, meningkatkan hasil belajar dan prestasi siswa. Terhadap sekolah hendaknya dukungan terhadap pengadaan media pembelajaran audio visual untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan para pendidik diharapkan mampu mengoperasionalkan peralatan tersebut guna menunjang kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Audio Visual
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 18 Oct 2012 17:22
Last Modified: 18 Oct 2012 17:22

Actions (login required)

View Item