Upaya Peningkatan Pembelajaran Senam Keseimbangan Dengan Pendekatan Lingkungan Persawahan Pada Siswa Kelas III SD Negeri Pakulaut 04 Kabupaten Tegal Tahun 2012

Didik Sabriantoro , 6102910123 (2012) Upaya Peningkatan Pembelajaran Senam Keseimbangan Dengan Pendekatan Lingkungan Persawahan Pada Siswa Kelas III SD Negeri Pakulaut 04 Kabupaten Tegal Tahun 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk model pembelajaran senam keseimbangan dalam penjasorkes melalui pendekatan lingkungan persawahan pada siswa kelas III SD Negeri Pakulaut 04 di Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pembelajaran senam keseimbangan melalui pendekatan lingkungan persawahan siswa Kelas III SD Negeri Pakulaut 04 di Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang merupakan dasar untuk meningkatkan pembelajaran yang akan di hasilkan, adapun prosedur/langkah-langkahnya sebagai berikut : 1) Perencanaan; 2) pelaksanaan; 3) observasi; 4) refleksi; Subjek yang di gunakan sebanyak 37 siswa. Data diambil dengan kuesioner/angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa penelitian tindakan kelas model pembelajaran keseimbangan gerak melalui pendekatan lingkungan persawahan pada siswa kelas III SD Negeri Pakulaut 04 Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal ternyata memenuhi kriteria Baik sehingga dapat digunakan untuk siswa SD. Hal ini berdasarkan analisis data angket dan observasi ahli pembelajaran pada Siklus 1, didapat rata-rata presentase 78.4%. Dengan kategori sangat tinggi. Sedangkan hasil analisis data siklus 2 didapat rata-rata presentase sebesar 91,7 %.mengalami peningkatan sebesar 13,3%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa upaya peningkatan pembelajaran senam keseimbangan dalam penjasorkes melalui pendekatan lingkungan persawahan pada siswa kelas III SD Negeri Pakulaut 04 dapat digunakan dan sangat baik. Harapan peneliti kepada guru penjasorkes untuk dapat memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada dilingkungan sekitar, Saran agar bagi guru penjasorkes di sekolah dasar diharapkan dapat mengembangkan model-model pembelajaran yang menarik untuk digunakan dalam pembelajaran keseimbangan gerak di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan senam keseimbangan, media pematang sawah
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 18 Oct 2012 17:19
Last Modified: 18 Oct 2012 17:19

Actions (login required)

View Item