Analisis Kesalahan Tulisan Pada Jawaban Tes Membaca Mahasiswa Semester II Prodi Pendidikan dan Sastra Prancis Pada Mata Kuliah Compréhension Écrite Élementaire”

Rully Yuninda, 2301405033 (2012) Analisis Kesalahan Tulisan Pada Jawaban Tes Membaca Mahasiswa Semester II Prodi Pendidikan dan Sastra Prancis Pada Mata Kuliah Compréhension Écrite Élementaire”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Membaca adalah salah satu dari empat keterampilan berbahasa yang terdiri dari keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan menulis dan keterampilan membaca. Membaca merupakan keterampilan dasar bagi seseorang untuk dapat mengikuti seluruh kegiatan dalam proses pendidikan dan pembelajaran. Dalam melakukan kegiatan membaca, pembelajar pasti pernah mengalami kesulitan dalam memahami teks bacaan sehingga terdapat beberapa kesalahan dalam penerjemahannya. Analisis kesalahan adalah suatu kegiatan untuk menemukan kesalahan yang dibuat oleh pembelajar bahasa, mengklarifikasikan kesalahan tersebut dan kemudian mengevaluasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan apa saja yang dilakukan oleh mahasiswa semester II prodi Pendidikan dan Sastra Prancis tahun ajaran 2011/2012. Objek yang diteliti adalah jawaban pada tes mid semester Compréhension Écrite Élementaire. Populasi penelitian ini adalah semua mahasiswa semester II program studi Pendidikan dan Sastra Prancis yang mengikuti mata kuliah Compréhension Écrite Élementaire yang berjumlah 28 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi . Setelah data terkumpul, data dianalisis dengan kriteria penilaian yang dilihat dari jenis kesalahan tulisan pada jawaban tes membaca. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 9 jenis yang dilakukan mahasiswa semester II Prodi Pendidikan dan Sastra Prancis Tahun 2011/2012 dalam mengerjakan tes membaca dengan ruang lingkup analisis kesalahan tulisan pada jawaban yang dilihat dari jenis kesalahan dalam pemahaman membaca yaitu kesalahan semantis, kesalahan memahami perintah, ejaan, ketepatan makna, kejelasan informasi, kewajaran bahasa Indonesia, sintaksis, kesalahan morfologis, kosa kata.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: membaca, evaluasi, analisis kesalahan
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PB Modern European Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 17 Oct 2012 23:52
Last Modified: 17 Oct 2012 23:52

Actions (login required)

View Item