Penerapan Metode Bermain Lempar Tangkap Bola Bervariasi dapat Meningkatkan Kemampuan Pukulan Lob Permainan Bulu Tangkis pada Siswa Kelas V SD Negeri 01 Sikasur Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012

Kusin , 6102910037 (2012) Penerapan Metode Bermain Lempar Tangkap Bola Bervariasi dapat Meningkatkan Kemampuan Pukulan Lob Permainan Bulu Tangkis pada Siswa Kelas V SD Negeri 01 Sikasur Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan jasmani terutama materi pukulan lob permainan bulu tangkis melalui pendekatan bermain lempar tangkap bervariasi. Keberhasilan pembelajaran pukulan lob permainan bulu tangkis dengan pendekatan bermain lempar tangkap bervariasi ditandai dengan penguasaan teknik dasar pukulan lob permainan bulu tangkis, perubahan sikap pada saat pembelajaran maupun dalam kehidupan sehari-hari, meningkatnya penguasaan teknik pukulan lob permainan bulu tangkismenjadikan perolehan hasil belajar siswa meningkat sehingga dapat mencapai nilai KKM yang ditetapkan guru. Penelitian ini dilaksanakan dalam proses pembelajaran, penelitian ini sering disebut penelitian tindakan kelas (classroom Action Research), tidakan dalam penelitian ini dibagi dalam dua siklus dan dilaksanakan dalam empat kali pertemuan, dalam tiap siklus menunjukan perkembangan proses pembelajaran jasmani dengan materi pukulan lob permainan bulu tangkis. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 01 Sikasur pada semester II tahun pelajaran 2011/2012. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data pada penelitian ini adalah lembar pengamatan, angket, dan tes unjuk kerja siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran pukulan lob permainan bulu tangkis dengan pendekatan bermain dapat menjadikan pembelajaran yang dilakukan lebih aktif, siswa antusias mengikuti pembelajaran dan kelihatan senang dalam melakukan tugas gerak yang diberikan guru sehingga keterampilan gerak siswa dan penguasaan materi pukulan lob permainan bulu tangkismeningkat sehingga nilai pukulan lob permainan bulu tangkisyang diperoleh siswa juga meningkat dari kondisi awal prosentase siswa yang nilainya mencapai KKM sebanyak 45% atau 18 anak dari jumlah keseluruhan siswa sebanyak 34 siswa, pada tindakan siklus pertama prosentase siswa yang nilainya mencapai KKM menjadi 72,2% atau sebanyak 26 siswa dan 83,3% atau sebanyak 30 siswa pada tindakan siklus kedua. Menurut hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pukulan lob permainan bulu tangkis dengan pendekatan bermain dapat meningkatkan kemampuan pukulan lob permainan bulu tangkis siswa kelas V SD Negeri 01 Sikasur. Penulis memberi saran bagi pemerintah supaya memperhatikan sekolah yang ada didaerah dalam hal sarana penunjang pendidikan, bagi sekolah pemenuhan media pembelajaran secara lengkap guna mendukung tercapainya tujuan pembelajaran, bagi guru penjas meningkatkat kreatifitas dalam menanggulangi kekurangan media yang menjadi hambatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 17 Oct 2012 17:30
Last Modified: 17 Oct 2012 17:30

Actions (login required)

View Item