Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Melalui Penerapan Modifikasi Media Kardus Pada Siswa Kelas V SD Negeri 03 Sikasur Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang Tahun 2012

Kristin Yuliati , 6102910033 (2012) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Melalui Penerapan Modifikasi Media Kardus Pada Siswa Kelas V SD Negeri 03 Sikasur Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang Tahun 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas hasil belajar lompat jauh gaya jongkok melalui penerapan modifikasi media kardus. Di tandai dengan sikap siswa dalam mengikuti pembelajaran dan peningkatan tes unjuk kerja atau nilai pembelajaran. Penelitian hari ini merupakan penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Classroom action research), pertemuan dalam penelitian ini berjumlah dua kali dan setiap pertemuan menunjukan tahapan perkembangan proses pembelajaran pendidikan jasmani, dengan materi lompat jauh. Subjek penelitian ini adalah siswa SD N 03 Sikasur Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang Kelas V Semester II tahun ajaran 2011/2012. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data pada penelitian ini adalah lembar pengamat, kartu ceria, dan tes unjuk kerja siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian bermain dengan menggunakan media bola plastik dalam pembelajaran pendidikan jasmani dengan materi lompat jauh dapat meningkatkan semangat siswa, antusias siswa, suasana dan peningkatan hasil atau nilai siswa. Data penelitian ini berupa hasil belajar siswa yang meliputi ranah afektif, kognitif, dan psikomotorik. Dengan hasil siswa dari siklus ke siklus menunjukan hasil sebagai berikut : siswa aktif selama pembelajaran 76,67% - 90%, siswa yang aktif selama kegiatan belajar 70% - 83,33%, siswa yang mampu melakukan kegiatan pendekatan bermain pembelajaran lompat jauh gaya jongkok 56,67% - 90%, siswa yang mampu melakukan tes keterampilan 76,66% - 96,67%, hasil kartu ceria 83,37% - 100%. Dengan demikian hasil dari siklus terjadi kenaikan yang riil.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 17 Oct 2012 17:12
Last Modified: 17 Oct 2012 17:12

Actions (login required)

View Item