Peningkatan Hasil Belajar Pasing Bawah Bola Voli menggunakan plastik pada kelas IV SD Negeri Begawat 02 Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2011/2012

Siti Mei Rina , 6102910009 (2012) Peningkatan Hasil Belajar Pasing Bawah Bola Voli menggunakan plastik pada kelas IV SD Negeri Begawat 02 Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatan hasil belajar pasing bawah bola voli menggunakan bola plastik bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar pasing bawah bola voli menggunakan bola plastik yang dipandang oleh peneliti akan memudahkan siswa dalam pembelajaran pasing bawah pada permainan bola voli. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri Begawat 02, Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal pada semester II Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan menggunakan prosedur Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus. Teknik yang digunakan untuk memperbaiki pembelajaran bola voli salah satunya dengan menggunakan bola plastik yang sifatnya lebih ringan dan lebih murah harganya, jika dibandingkan dengan bola voli yang sebenarnya. Pada Kegiatan Siklus I proses pembelajaran menggunakan media bola plastik , dengan kegiatan demontrasi guru cara pasing bawah yang benar. Siswa satu persatu melakukan pasing secara bergantian. Pada Siklus II kegiatan merupakan lanjutan dari siklus I dengan menambahkan jumlah bola plastik, pembelajaran lebih efektif dan menyenangkan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbaikan pembelajaran pada siswa, baik berupa pada kognitif, afektif dan psikomotor. Motivasi siswa untuk belajar lebih bersemangat dengan adanya penambahan alat peraga yang digunakan. Hal ini terlihat pada aktifitas siswa pada Siklus II yang lebih banyak bermain bola voli dibanding dengan Pra Siklus. Simpulannya bahwa penggunaan pendekatan pembelajaran bola voli menggunakan bola plastik dapat meningkatkan pembelajaran pasing bawah bagi siswa kelas IV SD Negeri Begawat 02 Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal pada tahun pelajaran 2011/2012. Peneliti menyarankan : 1) diharapkan guru menggunakan model pembelajaran yang lebih inovatif dan kreatif dalam melaksanakan proses pembelajaran, dan ; 2) Sebaiknya guru dalam melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar dapat menciptakan pembelajaran aktif, inovattif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pasing Bawah, Bola Voli, Media Bola Plastik, Siswa
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 17 Oct 2012 17:01
Last Modified: 17 Oct 2012 17:01

Actions (login required)

View Item