Upaya Perbaikan Teknik Dasar Shooting dengan Memodifikasi Ukuran Jarak dan Tinggi Ring Bola Bakset Terhadap Hasil Pembelajaran Penjasorkes pada Siswa Kelas V SDIP Muhajirin Gebangsari Genuk Kota Semarang Tahun 2012

Saeful Rokhman , 6101405501 (2012) Upaya Perbaikan Teknik Dasar Shooting dengan Memodifikasi Ukuran Jarak dan Tinggi Ring Bola Bakset Terhadap Hasil Pembelajaran Penjasorkes pada Siswa Kelas V SDIP Muhajirin Gebangsari Genuk Kota Semarang Tahun 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas(PTK) yang terdiri dari tiga siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, tindakan,observasi (pengamatan), dan refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran penjasorkes melalui modifikasi ukuran jarak dan tinggi ring pada teknik dasar shooting bola basket terhadap pembelajaran penjasorkes pada siswa kelas V SDIP Muhajirin Gebangsari Genuk Kota Semarang Tahun Ajaran 2011/2012. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDIP yang berjumlah 25 siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDIP Muhajirin. Pengambilan sampel menggunakan Total Sampling dengan tujuan semua siswa kelas V SDIP Muhajirin yang berjumlah 25 dijadikan sebagai sampel penelitian. Metode pokok dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi yang digunakan untuk memeroleh data nama siswa kelas V,observasi (pengamatan) yang digunakan untuk memeroleh data keterampilan siswa dan peneliti yang bertindak sebagai guru yang meliputi aspek kognitif, afektif,dan psikomotor,sedangkan angket digunakan untuk mengetahui tanggapan atau respon siswa terhadap modifikasi ukuran jarak dan tinggi ring pada teknik dasar shooting bola basket terhadap pembelajaran penjasorkes. Data hasil siswa pada aspek kognitif siklus I sebesar 72,00% dan pada siklus II sebesar 80,00%. Sedangkan pada aspek afektif siklus I sebesar 68,00 % dan siklus II sebesar 76,00 %. Sedangkan pada aspek psikomotor siklus I sebesar 64,00 % dan siklus II sebesar 84,00 %. Sedangkan untuk tanggapan siswa terhadap terhadap modifikasi ukuran jarak dan tinggi ring pada teknik dasar shooting bola basket terhadap pembelajaran penjasorkes pada siklus I sebesar 75,00% dan pada siklus II sebesar 85,00%. Data hasil guru pada aspek kognitif siklus I sebesar 73,33 %, siklus II sebesar 80,00 %. Sedangkan pada aspek afektif siklus I sebesar 76,00 %, siklus II sebesar 88,00 %. Sedangkan pada aspek psikomotor siklus I sebesar 76,00 % dan pada siklus II sebesar 84,00 %. Secara keseluruhan nilai yang diperoleh untuk setiap aspek pada pengamatan siswa dan guru mengalami peningkatan, disamping itu secara keseluruhan nilai yang diperoleh untuk setiap aspek pernyataan dalam angketpun mengalami peningkatan. Kesimpulan yang dapat diambil berdasarkan hasil penelitian ini adalah dengan adanya modifikasi ukuran jarak dan tinggi ring pada teknik dasar shooting bola basketakan berpengaruh terhadap pembelajaran penjasorkes. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini adalah modifikasi ukuran jarak dan tinggi ring pada teknik dasar shooting bola basket terhadap pembelajaran penjasorkes dapat diterapkan dan dikembangkan dalam proses pembelajaran penjasorkes serta agar tercipta pembelajaran yang kreatif dan inovatif di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Modifikasi ukuran jarak dan tinggi ring, Shooting bola basket,dan pembelajaran penjasorkes
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 17 Oct 2012 16:48
Last Modified: 17 Oct 2012 16:48

Actions (login required)

View Item