Pembelajaran Penjasorkes Melalui Modifikasi Futsal Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 2 Tanjungrejo Kecamatan Jekulo Kabupaten KudusTahun 2012

Bara Kika Baroka , 6102910080 (2012) Pembelajaran Penjasorkes Melalui Modifikasi Futsal Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 2 Tanjungrejo Kecamatan Jekulo Kabupaten KudusTahun 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pembelajaran Penjasorkes melalui modifikasi futsal dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Tanjungrejo kecamatan Jekulo kabupaten Kudus tahun 2012. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Tanjungrejo tahun 2012. Dalam penentuan subyek penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan teknik total sampling, yaitu mengambil seluruh siswa kelas IV SDN 2 Tanjungrejo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus tahun 2012 yang berjumlah 23 siswa. Kegiatan penelitian dilaksanakan pada bulan juni tahun 2012,bertempat di SDN 2 Tanjungrejo.Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi, teknik observasi dan teknik angket. Pada pembelajaran siklus I dengan menggunakan modifikasi futsal diperoleh ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 69,57%. Hasil ini menunjukkan bahwa pada siklus I ketuntasan belajar siswa belum tercapai karena hasil belajar siswa tersebut masih di bawah batas minimal ketuntasan belajar siswa yaitu 70%,maka diadakan siklus II. Setelah melakukan kegiatan pembelajaran siklus II ternyata terjadi peningkatan hasil belajar siswa yaitu mencapai ketuntasan 86,96%. Peningkatan hasil belajar siswa yang terjadi pada siklus II ini telah mencapai batas minimal ketuntasan belajar siswa untuk semua aspek yaitu 70%. Simpulan dalam penelitian ini yaitu Melalui pembelajaran penjasorkes menggunakan pendekatan modifikasi permainan futsal dapat meningkatkan hasil belajar siswa mencapai ketuntasan belajar pada pembelajaran futsal siswa kelas IV SDN 2 Tanjungrejo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus Tahun 2012. Beberapa saran peneliti antara lain, guru penjasorkes SD hendaknya mempertimbangkan penggunaan pendekatan permainan futsal modifikasi karena telah terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa mencapai ketuntasan belajar dalam pembelajaran futsal. Dalam penerapan pembelajaran penjasorkes menggunakan pendekatan permainan futsal modifikasi,agar mencapai hasil yang optimal guru perlu merencanakan skenario pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik kemampuan siswa serta memperioritaskan pada keterlibatan secara aktif dari seluruh siswa dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 Oct 2012 22:22
Last Modified: 16 Oct 2012 22:22

Actions (login required)

View Item