Perbaikan Pembelajaran Lempar Turbo ( Kid’s Athletik ) Pada Siswa Kelas IV SDN Wukirsari 02 Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati.

Fredika Beny Tuningtiasworo , 6102910078 (2012) Perbaikan Pembelajaran Lempar Turbo ( Kid’s Athletik ) Pada Siswa Kelas IV SDN Wukirsari 02 Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Latar belakang pendidikan jasmani merupakan salah satu kebutuhan manusia yang sangat penting, yang mampu mengantarkan manusia untuk tetap terlihat bugar dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Permasalahan yang menjadi pusat perhatian dalam penelitian ini adalah : Bagaimana upaya memperbaiki kemampuan teknik lempar turbo pada siswa kelas IV SDN Wukirsari 02 Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati . Tujuan penelitian ini adalah : untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui modifikasi permainan bola meja, bola duduk dan bola berdiri pada siswa kelas IV SDN Wukirsari 02. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus meliputi: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik analisa data menggunakan penilaian lembar observasi aktivitas guru, penilaian lembar observasi aktivitas siswa lembar pengamatan untuk guru kolaborator dalam proses pembelajaran sehingga dapat diketahui media untuk pembelajaran layak digunakan atau tidak dan tes praktek. Berdasarkan hasil penelitian dapat digambarkan bahwa pelaksanaan pembelajaran permainan melalui modifikasi permainan bola meja, bola duduk dan bola berdiri pada siswa kelas IV SDN Wukirsari 02. Aktivitas guru pada siklus satu mencapai nilai 86. Aktivitas siswa pada siklus satu mencapai nilai 87. Pada siklus I, nilai tertinggi siswa 90. Pada siklus I hanya 7 siswa awal dengan prosentase 22,58% dengan hasil kurang baik dan dengan nilai rata-rata 79, sehingga perlu di laksanakan siklus dua. Hasil siklus dua menunjukkan bahwa, Aktivitas guru mencapai nilai 94. Aktivitas siswa pada siklus dua mencapai 93. Hanya 3 siswa yang mendapat nilai kurang dari 75 dengan prosentase 9,68% dan nilai rata-rata kelas mencapai 81,00. Pada pelaksanaan siklus II, ketuntasan belajar peserta didik dan nilai rata-rata kelas sudah mencapa indikator yang ditetapkan, sehingga pada penelitian siklus kedua ini dikatakan berhasil. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran lempar turbo melalui permainan bola meja, bola duduk dan bola berdiri dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IVSDN Wukirsari 02 Tahun Pelajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perbaikan, Lempar Turbo, Kid’s Athletik
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 Oct 2012 22:19
Last Modified: 16 Oct 2012 22:19

Actions (login required)

View Item