Upaya Meningkatkan Kemampuan Melakukan Passing Bawah Bola Voli Dengan Alat Bantu Bola Plastik Pada Pembelajaran Penjasorkes Bagi Siswa Kelas IV SD 3 Kedunggading Kecamatan Ringinarum Kebupaten Kendal Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012.

G u m y u r , 6102910029 (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Melakukan Passing Bawah Bola Voli Dengan Alat Bantu Bola Plastik Pada Pembelajaran Penjasorkes Bagi Siswa Kelas IV SD 3 Kedunggading Kecamatan Ringinarum Kebupaten Kendal Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Tujuan penelitian secara umum untuk menemukan kebenaran melalui metoda berpikir yang berdasarkan keilmuan dan mendapatkan gambaran proses perbaikan pembelajaran di lingkungan SD 3 Kedunggading. Pada pembelajaran bola voli siswa-siswi kelas 4 masih mengalami kesulitan dalam melakukan passing bawah dengan alasan sulit, tangannya sakit dan lain-lain. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan eksperimen kolaboratif partisipatif. Dengan pendekatan pembelajaran eksperimen kolaboratif partisipatif melalui modifikasi alat bantu bola plastik pembelajaran passing bawah bola voli dapat berjalan lancar sesuai harapan dan dapat ditindak lanjuti dengan media yang sebenarnya. Hasil penelitian dari penggunaan media pembelajaran yaitu bola plastik, sangat membantu anak didik dalam perbaikan pembelajaran passing bawah pada permainan bola voli mini terutama yang berhubungan dengan teknik melakukan passing bawah. Yang semula belum bisa melakukan dengan benar, dengan menggunakan media modifikasi bola plastik maka teknik passing bawah dapat dipahami dan dilaksanakan dengan benar. Saran yang dapat saya sampaikan terutama bagi pendidik Penjasorkes di SD 3 Kedunggading, menggunakan alat bantu/media bola plastik sangat dibutuhkan dalam pembelajaran permainan terutama dalam hal teknik melakukan gerakan. Karena dengan fasilitas media pembelajaran modifikasi siswa maupun siswi dapat menggunakannya dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: passing bawah bola voli mini media pembelajaran
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 Oct 2012 22:13
Last Modified: 16 Oct 2012 22:13

Actions (login required)

View Item