Upaya Mengajak Anak Bergerak Pada Pembelajaran Penjasorkes Terhadap Siswa Inklusi Melalui Media Bola Warna-warni Pada Siswa Kelas III SD Negeri Polbayem Kab. Rembang Tahun Ajaran 2011/2012

Dwi Apriliyani , 6102910020 (2012) Upaya Mengajak Anak Bergerak Pada Pembelajaran Penjasorkes Terhadap Siswa Inklusi Melalui Media Bola Warna-warni Pada Siswa Kelas III SD Negeri Polbayem Kab. Rembang Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Latar belakang permasalahan yang menjadi pusat perhatian dalam penelitian ini adalah : Bagaimana upaya mengajak siswa bergerak pada pembelajaran penjasorkes terhadap anak ABK SD inklusi melalui media bola warna-warni pada siswa kelas III SD Negeri Polbayem tahun ajaran 2011/2012. Dan juga karena sekolah inklusi tersebut mendidik anak yang normal dan yang berkebutuhan khusus menjadi satu, dan hal ini yang membuat guru merasa kesulitan dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah : untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa inklusi melalui media bola warna-warni pada siswa kelas III SD Negeri Polbayem di lihat dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus meliputi: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik analisa data menggunakan penilaian lembar observasi aktivitas guru, penilaian lembar observasi aktivitas siswa lembar pengamatan untuk guru kolaborator dalam proses pembelajaran sehingga dapat diketahui media untuk pembelajaran layak digunakan atau tidak dan tes praktek. Berdasarkan hasil penelitian dapat digambarkan bahwa pelaksanaan pembelajaran permainan melalui media bola warna-warni pada siswa inklusi pada siswa kelas III SD Negeri Polbayem. Aktivitas guru dalam mengajar permainan melalui media bola warna-warni pada siklus satu mencapai nilai 78. Aktivitas siswa dalam pembelajaran permainan melalui media bola warna-warni pada siklus satu mencapai nilai 47. Pada siklus I, nilai tertinggi siswa 85. Pada siklus I hanya 3 orang siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran dari awal dengan prosentase 20% dan dengan nilai rata-rata 74,67 yang berarti aktivitas guru, aktivitas siswa dan nilai rata-rata siswa dalam mengikuti pembelajaran permainan melalui media bola warna-warni pada siswa inklusi belum melampaui indikator ketercapaian siklus pertama, sehingga perlu dilaksanakan siklus dua. Hasil siklus dua menunjukkan bahwa, Aktivitas guru dalam mengajar permainan melalui media bola warna-warni pada siklus dua mencapai nilai 90. Aktivitas siswa dalam pembelajaran permainan melalui media bola warna-warni pada siklus dua mencapai 100. siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran dari awal sebanyak sebanyak 10 peserta didik dengan prosentase 66,7% dan nilai rata-rata kelas mencapai 80,00. Pada pelaksanaan siklus II, ketuntasan belajar peserta didik dan nilai rata-rata kelas sudah mencapai indikator yang ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran permainan melalui media bola warna-warni dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas III SD Negeri Polbayem tahun 2011/2012.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Media, Inklusi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 Oct 2012 22:09
Last Modified: 16 Oct 2012 22:09

Actions (login required)

View Item