Pembelajaran pasing bawah Dalam Permainan Bola Voli Dengan Metode Berpasangan Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Bojongbata Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012

Prihatin Heri Wibowo , 6102910019 (2012) Pembelajaran pasing bawah Dalam Permainan Bola Voli Dengan Metode Berpasangan Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Bojongbata Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Latar belakang penulisan skripsi ini adalah di SD Negeri 02 Bojongbata Kelas IV menunjukkan bahwa sebagian besar siswa dalam permainan bolavoli masih mengalami kesulitan dalam melakukan teknik passing bawah, mereka belum mampu melakukan gerakan secara keseluruhan. Penyebab rendahnya hasil belajar siswa terkait dengan faktor intern dan ekstern.Faktor interen berasal dari dalam diri siswa berupa :motivasi dan antusiasme siswa terhadap materi pembelajaran. Sedangkan faktor eksternal mencakup masalah keluarga dan lingkungan sekitar, seperti: guru, lingkungan, materi, media dan metode yang digunakan guru. Adapun tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui hasil belajar penerapan metode berpasangan pada teknik dasar passing bawah permainan bola voli siswa kelas IV SD Negeri 02 Bojongbata tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas IV SD Negeri 02 Bojongbata Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang yang hadir dalam penelitian yaitu berjumlah 23 siswa yang terdiri dari 13 siswa putra dan 10 siswa putri. Teknik analisa data menggunakan penilaian lembar observasi aktifitas siswa, Instrumen analisis gerak dasar serta instrument tingkat kepuasan siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh aktivitas siswa padas iklus I mencapai 72% dan pada siklus II 88%. Berdasarkan analisis gerak dasar diperoleh hasil padas iklus I rata-rata gerak dasar mencapai 76,21% dan pada siklus II 83,72%. Sedangkan pada perhitungan rata-rata tingkat kepuasan belajar siswa mencapai 94,17%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah 1) aktivitas siswa dalam kategori baik hal ini dibuktikan pada siklus II mencapai nilai 88% dan mengalami kenaikan 16%. 2) Rata-rata gerak dasar dalam kategori baik yaitu pada siklus II mencapai 83,72% diatas 80%. 3) Rata-rata tingkat kepuasan belajar siswa kelas IV SD Negeri 02 Bojongbata dalam kategori sangat baikhaini dibuktikan dengan nilai rata-rata tingkat kepuasan mencapai 94,17%. Adapun peneliti dalam laporan penelitian tindakan kelas (PTK) ini memberikan saran sebagai berikut: 1) Bagi siswa, meningkatkan semangat belajar siswa; 2) Bagi guru, diharapkan dapat mengembangkan pemikiran kreatif yang diaplikasikan dalam inovasi pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa untuk menuju prestasi yang optimal sesuai dengan yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 Oct 2012 22:06
Last Modified: 16 Oct 2012 22:06

Actions (login required)

View Item