Perbedaan Latihan Melambungkan Bola Terhadap Kemampuan FreeThrow Pada Peserta Ekstra Kurikuler Bola Basket Putra SMP N 1 Mranggen Tahun 2010/2011

M Taufik Budi Setyawan , 6250406018 (2012) Perbedaan Latihan Melambungkan Bola Terhadap Kemampuan FreeThrow Pada Peserta Ekstra Kurikuler Bola Basket Putra SMP N 1 Mranggen Tahun 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah adakah perbedaan latihan melambungkan bola dari atas kepala lalu kearah teman dan melambungkan bola kearah teman dengan pembatas, lebih baik mana antara keduanya terhadap kemampuan freethrow? Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan latihan melambungkan bola dari atas kepala lalu kearah teman dan melambungkan bola kearah teman dengan pembatas dan mengetahui lebih baik mana antara melambungkan bola dari atas kepala lalu kearah teman dengan melambungkan bola kearah teman dengan pembatas terhadap kemampuan freethrow pada peserta exstra kuliuler bola basket putra SMP N 1 Mreanggen tahun 2010/2011. Populasi penelitian adalah peserta ekstra kurikuler bola basket putra SMP N 1 Mranggen tahun 2010/2011 berjumlah 24 anak. Pengambilan sample menggunakan teknik total sampling dengan mengikutkan seluruh peserta exstra kulikuler bola basket putra SMP N 1 Mranggen yang berjumlah 24 anak. Variabel penelitian ini adalah variabel bebas yang terdiri dari 1) Latihan melambungkan bola dari atas kepala lalu kearah teman, 2) Latihan melambungkan bola kearah teman dengan pembatas. Dan variabel terikat yaitu kemampuan freethrow. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, diberikan perlakuan atau treatment sebanyak 14 kali pertemuan. Hasil analisis data penelitian mengenai perbedaan hasil latihan melambungkan bola keatas lalu kearah teman, dan melambungkan bola keatas dengan pembatas terhadap kemampuan freethrow pada peserta ekstra kurikuler bola basket Putra SMP N Mranggen diperoleh hasil t hitung sebesar 2,07 dan t tabel 2,16. Karena t hitung > t tabel maka ho ditolak artinya ada perbedaan. Dengan hasil uji beda mean pada kelompok melambungkan bola dari atas kepala lalu kearah teman diketahui 2,58 dan melambungkan bola keatas dengan pembatas diketahui 3,42. Dengan hasil tersebut maka melambungkan bola kearah teman dengan pembatas lebih baik dari pada melambungkan bola dari atas kepala lalu kearah teman. Simpulan : Latihan melambungkan bola kearah teman dengan pembatas lebih baik dari pada latihan melambungkan bola dari atas kepala lalu kearah teman. Saran dari peneliti adalah para peserta ekstra kurikuler diharuskan memperhatikan materi yang diberikan oleh palatih maupun peneliti, didalam melaksanakan latihan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 Oct 2012 17:40
Last Modified: 16 Oct 2012 17:40

Actions (login required)

View Item