Pengaruh Kekuatan Lengan dan Kekuatan Meremas Terhadap Kecepatan Memanjat Tebing Pada Atlet FPTI di Kota Semarang Tahun 2011

Grace Nur Anderson, 6250405077 (2012) Pengaruh Kekuatan Lengan dan Kekuatan Meremas Terhadap Kecepatan Memanjat Tebing Pada Atlet FPTI di Kota Semarang Tahun 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Komponen kondisi fisik adalah salah satu faktor yang memegang peranan penting dalam usaha meningkatkan prestasi, bahkan dapat dikatakan sebagai dasar untuk mencapai prestasi. Kekuatan lengan dan kekuatan meremas jari salah satu faktor yang berpengaruh terhadap kecepatan memanjat tebing. Permasalahan dalam penelitian ini adalah; 1) Apakah kekuatan lengan berpengaruh terhadap hasil kecepatan memanjat tebing. 2) Apakah kekuatan meremas jari berpengaruh terhadap hasil kecepatan memanjat tebing. Penelitian adalah jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet pelajar pencinta alam divisi atau bidang panjat tebing se-kota Semarang. Sampel berjumlah 25 atlet panjat tebing. Variabel adalah kekuatan lengan (X1), kekuatan meremas jari (X2) dan kecepatan memanjat tebing (Y). Pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes terstandar. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis regresi linier berganda. Kesimpulan penelitian bahwa secara bersama-sama terdapat pengaruh positif antara variabel kekuatan lengan dan kekuatan meremas jari terhadap kecepatan memanjat tebing. Secara parsial kekuatan lengan dan kekuatan meremas jari berpengaruh positif terhadap kecepatan memanjat tebing. Saran dari penelitian ini adalah atlet panjat tebing perlu memperhatikan kekuatan lengan dan kekuatan meremas jari dengan jalan memberikan latihan kekuatan secara terprogram dan terencana guna meningkatkan kekuatan lengan dan jari.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Kekuatan Lengan, Kekuatan Meremas, Kecepatan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 Oct 2012 17:34
Last Modified: 16 Oct 2012 17:34

Actions (login required)

View Item