Studi Komparatif Penggunaan Metode Ceramah dengan Metode Struktural Tipe Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Sosial Ekonomi Pokok Bahasan Pasar pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2007/2008.

Iis Widiyanti , 3301403066 (2009) Studi Komparatif Penggunaan Metode Ceramah dengan Metode Struktural Tipe Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Sosial Ekonomi Pokok Bahasan Pasar pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2007/2008. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Pengembangan pembelajaran yang diperlukan saat ini adalah pembelajaran yang kreatif dan inofatif. Untuk itu perlu diupayakan pembelajaran yang dapat meningkatkan penguasaan konsep materi pendidikan sosial ekonomi dan sekaligus dapat meningkatkan keaktifan siswa, serta memberikan iklim yang kondusif dalam perkembangan daya nalar dan kreatifitas siswa. Selama ini metode pembelajaran yang paling sering digunakan adalah model pembelajaran ceramah dimana penyajian pelajarannya hanya dilakukan melalui penuturan atau penjelasan lisan guru secara langsung kepada siswa. Oleh karena itu diperlukan adanya model pembelajaran baru. Metode struktural tipe numbered head together adalah salah satu metode yang dapat diterapkan. Metode struktural tipe numbered head together merupakan pembelajaran yang terdiri dari tim-tim belajar yang heterogen, dimana siswa memiliki nomor yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar pendidikan sosial ekonomi anatara siswa-siswa yang diberi pengajaran dengan menggunakan metode pembelajaran ceramah dan yang diberi pengajaran dengan menggunakan metode struktural tipe numbered head together pada pokok bahasan pasar kelas VIII semester 1 MTs Negeri Slawi kabupaten Tegal tahun pelajaran 2007/2008. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, populasi penelitian berjumlah 356 orang, sampel diambil dengan teknik simple random sampling dan dihasilkan 83 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, tes dan observasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan adanya perbedaan hasil belajar pendidikan sosial ekonomi antara siswa yang diberi pengajaran dengan menggunakan metode ceramah dan yang diberi pengajaran yang menggunakan metode pembelajaran struktural tipe numbered head together pada pokok bahasan pasar. Hal ini dapat dilihat dari hasil perolehan thitung = 2,737 sedangkan ttabel = 1,99 jadi t berada pada penolakan Ho maka dapat disimpulkan bahwa kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa maka pendidik diharapkan menggunakan metode struktural tipe numbered head together dalam pengajaran materi pasar. Selain itu, siswa diharapkan dapat berinteraksi dan bekerja sama dengan baik agar metode ini dapat efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: ceramah, numbered head together, pasar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 Apr 2011 02:43
Last Modified: 25 Apr 2015 00:28

Actions (login required)

View Item