Pengaruh Kepuasan Kerja, Karakteristik Pekerjaan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Komitmen Organisasi Karyawan PT. Kereta Api Indonesia ( Persero ) DAOP IV Semarang

Shela Ratnasari, 7350407058 (2012) Pengaruh Kepuasan Kerja, Karakteristik Pekerjaan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Komitmen Organisasi Karyawan PT. Kereta Api Indonesia ( Persero ) DAOP IV Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Karyawan yang mempunyai kepuasan kerja tinggi, karakteristik pekerjaanyang jelas, dan lingkungan kerja yang kondusif akan menunjukkan adanya komitmen organisasi yang tinggi pula.Permasalahan yang dapat dirumuskan dari penelitian ini yaitu : Adakah pengaruh kepuasan kerja, karakteristik pekerjaan, dan lingkungan kerja terhadap komitmen organisasi karyawan PT. Kereta Api Indonesia ( Persero ) DAOP IV Semarang ?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh kepuasan kerja, karakteristik pekerjaan, dan lingkungan kerja terhadap komitmen organisasi baik secara simultan maupun parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) DAOP IV Semarang. Penentuan jumlah sempel menggunakan teknik random sampling, yang kemudian didapat hasil sebesar 70 responden. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan kuesioner. Metode analisis data penelitian menggunakan analisis regresi linear berganda dengan pengujian hipotesis uji parsial (t) dan uji simultan (F). Hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan persamaanY = 14,173 + 0,294 + 0,149 ¬+0,080 X3. Secara parsial besarnya pengaruh masing-masing variabel independen terhadap variabel dependen, yaitu : kepuasan kerja sebesar 27,9%, karakteristik pekerjaan 16,5%, dan lingkungan kerja 10,2%. Secara simultan besarnya pengaruh kepuasan kerja, karakteristik pekerjaan, dan lingkungan kerja terhadap komitmen organisasi adalah sebesar 61,7%. Simpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh kepuasan kerja, karakteristik pekerjaan dan lingkungan kerja terhadap komitmen organisasi Karyawan PT. Kereta Api Indonesia ( Persero ) DAOP IV Semarang secara secara simultan maupun parsial. Saran yang penulis berikan hendaknya manajemen agar lebih meningkatkan keanekaragaman pekerjaan, lebih memberikan variasi pekerjaan , menjelaskan identitas tugas yang dibebankan secara detail, memciptakan suasana kerja yang kondusif meningkatkan balas jasa, bisa berupa gaji, bonus maupun tunjangan. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini, terutama variabel budaya organisasi, motivasi, kompensasi, gaya kepemimpinan, dan variabel lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Kerja, Karakteristik Pekerjaan, Lingkungan Kerja dan Komitmen Organisasi
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 30 Sep 2012 23:11
Last Modified: 30 Sep 2012 23:11

Actions (login required)

View Item