Pengaruh Stuktur Kepemilikan, Kebijakan Dividen, dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2008-2010

Lili Andriati , 7250407100 (2012) Pengaruh Stuktur Kepemilikan, Kebijakan Dividen, dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2008-2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Nilai perusahaan merupakan suatu ukuran yang penting bagi para investor untuk berinvestasi. Nilai perusahaan dapat mencerminkan nilai asset yang dimiliki perusahaan seperti surat berharga. Nilai perusahaan dapat tercermin dari harga saham perusahaan tersebut. Nilai saham yang tinggi menggambarkan nilai perusahaan yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Stuktur Kepemilikan, Kebijakan Dividen, dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2008-2010. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode tahun 2008-2010. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan cara purposive sampling sebanyak 54 perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis regresi berganda dengan uji hipotesis yaitu uji F dan uji t. Sebelum menggunakan analisis regresi berganda, dilakukan uji normalitas dan uji asumsi klasik terlebih dahulu. Uji hipotesis secara simultan (uji F) menunjukan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Sedangkan berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial (uji t) pada perusahaan manufaktur menunjukan bahwa variabel struktur kepemilikan menunjukkan tingkat signifikansi sebesar 0,000, variabel kebijakan dividen menunjukan tingkat signifikansi sebesar 0,016, sedangkan variabel leverage menunjukan tingkat signifikansi sebesar 0,007. Nilai adjusted R2 dalam model regresi perusahaan manufaktur sebesar 0,150. Hal ini menunjukkan bahwa besar pengaruh variabel independent yaitu struktur kepemilikan, kebijakan dividen dan leverage terhadap variabel dependent nilai perusahaan sebesar 15% sedangkan sisanya sebesar 85% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil analisis data secara simultan menunjukan bahwa struktur kepemilikan, kebijakan dividen dan leverage berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Hasil analisis data secara parsial menunjukan struktur kepemilikan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, kebijakan dividen berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan dan leverage berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Pada perusahaan manufaktur agar dapat meningkatkan nilai perusahaan dengan cara menambah modal untuk memperluas usaha, meminimalkan pembagian dividen agar laba yang di peroleh dapat digunakan sebagai tambahan modal sehingga laba yang diperoleh perusahaan meningkat sehingga kinerja perusahaan pun semakin baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Struktur Kepemilikan, Kebijakan Dividen, Leverage, Nilai Perusahaan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 30 Sep 2012 22:38
Last Modified: 30 Sep 2012 22:38

Actions (login required)

View Item