Determinan RevenueObligasi Syariah (Studi Empiris Pada Perusahaan Listed di BEI Periode 2008-2010)

Novie Rizki Amalia, 7250408014 (2012) Determinan RevenueObligasi Syariah (Studi Empiris Pada Perusahaan Listed di BEI Periode 2008-2010). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Revenueobligasi syariah merupakan tingkat hasil dari obligasi syariah. Obligasi syariah bukan merupakan utang berbunga tetap, melainkan penyerta dana yang didasarkan pada prinsip bagi hasil yang menggunakan underlying asset sebagai bukti kepemilikan. Akad yang banyak digunakan dalam obligasi syariah adalah mudharabah dan ijarah. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi revenueobligasi syariah, khususnya pengaruh peringkat obligasi syariah, ukuran perusahaan, dan debt to equity ratio. Sampel yang digunakan adalah data sekunder dari Indonesia Stock Exchange (IDX) yaitu laporan keuangan dan laporan obligasi syariah perusahaan yang menerbitkan obligasi syariah, yang listing pada tahun 2008-2010 di BEI. Sampel diambil dengan menggunakan metode purposive sampling, dan yang memenuhi kriteria pemilihan sampel. Sampel yang digunakan sebanyak 17 perusahaan dengan jumlah unit analisis sebanyak 44 data. Metode statistik menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda, dengan pengujian hipotesis uji statistik F dan uji statistik t, dengan bantuan program SPSS 19.0. Hasil penelitian ini menunjukkan pengujian secara simultan, bahwa dari ke tiga variabel mempengaruhi revenue obligasi syariah. Sedangkan dalam pengujian secara parsial variabel peringkat obligasi syariah tidak mempengaruhi revenueobligasi syariah ((0,080>0,05) dan ukuran perusahaan serta debt to equity ratio mempengaruhi revenueobligasi syariah (0,020<0,05 dan 0,010<0,05). Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa faktor yang mempengaruhi variabel revenueobligasi syariah adalah ukuran perusahaan dan debt to equity ratio. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini adalah: hendaknya pada penelitian selanjutnya menambahkan variabel lain yang bersifat mempengaruhi revenueobligasi syariah dilihat dari aspek ekonomi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peringkat Obligasi Syariah, Ukuran Perusahaan, dan Debt to Equity Ratio, dan RevenueObligasi Syariah
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 30 Sep 2012 22:33
Last Modified: 30 Sep 2012 22:33

Actions (login required)

View Item