Pemahaman Guru tentang Implementasi Penilaian Kelas Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMP Negeri se-Kecamatan Rembang dan se-Kecamatan Lasem

Suwaebatul Islamiyah, 3301404175 (2009) Pemahaman Guru tentang Implementasi Penilaian Kelas Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMP Negeri se-Kecamatan Rembang dan se-Kecamatan Lasem. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang penting dan berkaitan langsung dengan aspek kehidupan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial. Peningkatan mutu pendidikan salah satunya adalah dengan penyempurnaan kurikulum. Kurikulum yang saat ini dikembangkan di Indonesia adalah KTSP. Penilaian dalam KTSP menganut prinsip berkelanjutan dan komprehensif guna mendukung upaya memandirikan siswa untuk belajar, bekerjasama dan menilai diri sendiri. Karena itu, penilaian dilaksanakan dalam kerangka penilaian kelas. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana pemahaman guru SMP Negeri se- Kecamatan Rembang dan se-Kecamatan Lasem tentang konsep dasar KTSP? (2) Bagaimana pemahaman guru SMP Negeri se-Kecamatan Rembang dan se- Kecamatan Lasem tentang penilaian kelas? (3) Adakah perbedaan pemahaman tentang implementasi penilaian kelas antara guru SMP Negeri se-Kecamatan Rembang dengan guru SMP Negeri se-Kecamatan Lasem? (4) Kendala apa yang dihadapi guru SMP Negeri se-Kecamatan Rembang dan se-Kecamatan Lasem dalam implementasi penilaian kelas? (5) Kebutuhan teknis apa yang diperlukan oleh guru SMP Negeri se-Kecamatan Rembang dan se-Kecamatan Lasem untuk meningkatkan pemahaman tentang penilaian kelas? Populasi dalam penelitian ini adalah 300 guru. Sampel dalam penelitian ini adalah 60 guru. Teknik pengambilan sampel adalah proportional area random sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah (1) pemahaman guru tentang KTSP, (2) pemahaman guru tentang penilaian kelas, (3) kendala yang dihadapi guru dalam implementasi penilaian kelas, (4) kebutuhan teknis untuk meningkatkan pemahaman guru. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, angket dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase, uji t dan deskriptif. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) tingkat pemahaman guru SMP Negeri se-Kecamatan Rembang dan se-Kecamatan Lasem tentang KTSP termasuk dalam kategori paham. (2) tingkat pemahaman guru SMP Negeri se-Kecamatan Rembang dan se-Kecamatan Lasem tentang penilaian kelas termasuk dalam kategori paham. (3) berdasarkan uji t-test terdapat perbedaan pemahaman anatara guru SMP Negeri se-Kecamatan Rembang dan guru SMP Negeri se-Kecamatan Lasem. (4) kendala yang dihadapi guru dalam implementasi penilaian kelas adalah siswa, waktu, bentuk dan teknik penilaian kelas. (5) kebutuhan teknis yang diperlukan guru SMP Negeri se-Kecamatan Rembang dan Lasem adalah pelatihan dan sosialisasi. Guru SMP Negeri se-Kecamatan Lasem selain pelatihan dan sosialisasi juga membutuhkan modul tentang KTSP dan penilaian kelas. Saran yang dapat diberikan untuk penelitian ini adalah guru harus meningkatkan pemahaman tentang KTSP dan penilaian kelas, baik melalui sosialisasi, pelatihan maupun membaca literatur yang ada tentang KTSP dan penilaian kelas. Selain itu Dinas pendidikan atau instansi terkait hendaknya mengadakan pelatihan dan sosialisasi secara merata kepada guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Guru, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Penilaian Kelas.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 14 Apr 2011 23:09
Last Modified: 25 Apr 2015 00:28

Actions (login required)

View Item