Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Partisipasi Anggota Terhadap Perolehan Sisa Hasil Usaha Koperasi Serba Usaha (KSU) Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang

Ichdah Ayu Savitri, 7101407116 (2012) Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Partisipasi Anggota Terhadap Perolehan Sisa Hasil Usaha Koperasi Serba Usaha (KSU) Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Kualitas pelayanan dan partisipasi anggota merupakan unsur yang utama guna menunjang keberhasilan Koperasi dan meningkatkan pertumbuhan Sisa Hasil Usaha. Kualitas pelayanan yang baik dan berkualitas juga penting karena dapat menarik simpati pelanggan dan juga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan yang dalam hal ini adalah para anggotanya. Dengan adanya kualitas pelayanan yang optimal, dapat menarik pelanggan yang loyal, serta partisipasi aktif dari anggota maka diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan Sisa Hasil Usaha (SHU). Partisipasi anggota penting bagi koperasi karena partisipasi anggota merupakan unsur utama dalam memacu kegiatan dan untuk mempertahankan ikatan pemersatu didalam Koperasi. Populasi anggota dalam penelitian ini berjumlah 345 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 78 responden. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket.Teknik pengambilan sampel menggunakan area propotioinal random sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif persentase dan analisis jalur. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan partisipasi anggota secara signifikan berpengaruh terhadap perolehan Sisa Hasil Usaha. Kualitas Pelayanan berpengaruh secara langsung terhadap perolehan SHU (14,2%). Partisipasi Anggota berpengaruh secara langsung terhadap Perolehan SHU (13,6%). Kualitas Pelayanan berpengaruh secara tidak langsung terhadap Perolehan SHU anggota melalui partisipasi anggota. Kualitas pelayanan dan partisipasi anggota berpengaruh terhadap perolehan Sisa Hasil Usaha KSU di Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang. Pengurus KSU diharapkan lebih banyak menanggapi saran-saran dari anggota di RAT untuk kemajuan KSU kedepannya. Pengurus meningkatkan kualitas pelayanannya kepada anggota terutama pada unit usaha simpan pinjam agar para anggota tidak pindah ke pesaing lain dengan cara mempercepat proses pencairan dana pinjaman anggota. Jika kualitas pelayanan yang diberikan baik oleh para pengurus maka akan berpengaruh juga terhadap partisipasi yang baik, sehingga akan meningkatkan perolehan Sisa Hasil Usaha.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perolehan Sisa Hasil Usaha (SHU), Kualitas Pelayanan, Partisipasi Anggota
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 19 Sep 2012 21:56
Last Modified: 19 Sep 2012 21:56

Actions (login required)

View Item