Kualitas Perangkat Pembelajaran Geografi di SMA/MA Kabupaten Kudus Tahun 2012

Marlia Devi.Roihanah, , 3201408022 (2012) Kualitas Perangkat Pembelajaran Geografi di SMA/MA Kabupaten Kudus Tahun 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Satuan Pendidikan harus memiliki kriteria minimal suatu pembelajaran diantaranya yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran, dan pengawasan proses pembelajaran. Perencanaan pembelajaran tersebut diwujudkan oleh guru dalam bentuk perangkat pembelajaran. Pengembangan perangkat pembelajaran harus disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku, kondisi peserta didik, dan perkembangan teknologi, agar pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien. Fakta di lapangan menunjukkan masih ada guru yang mengalami kesulitan dalam mengembangkan perangkat pembelajaran, sehingga masih cenderung membuat apa adanya, dan memiliki tingkat kesamaan yang tinggi dalam penyusunannya. Permasalahan penelitian ini: Bagaimanakah Kualitas Perangkat Pembelajaran Geografi di SMA/MA Kabupaten Kudus Tahun 2012. Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui kualitas pengembangan silabus dalam perangkat pembelajaran Geografi yang sesuai dengan prota dan promes yang telah di tentukan, (2) Mengetahui Kualitas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dalam perangkat pembelajaran Geografi. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru Geografi di SMA/MA Kabupaten Kudus. Penentuan sampel dengan teknik Purposive Sampling diperoleh 30 guru dari 30 SMA/MA dengan ketentuan setiap sekolah satu guru dan pemilihan sekolah berdasarkan tingkat akreditasinya. Variabel penelitian: perangkat pembelajaran berupa silabus, prota, promes dan RPP. Metode pengumpulan data dengan menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian kualitas perangkat pembelajaran Geografi di SMA/MA Kabupaten Kudus Tahun 2012 berdasarkan angket pengetahuan dasar guru Geografi tentang penyusunan perangkat pembelajaran geografi diperoleh rata-rata sebesar 84% dalam kriteria sangat baik. Kualitas perangkat pembelajaran Geografi di SMA/MA Kabupaten Kudus tahun 2012 berdasarkan hasil observasi diperoleh rata-rata 81% dalam kriteria baik, hasil analisis masing-masing komponen perangkat pembelajaran Geografi sebagai berikut: silabus 82% dengan kriteria sangat baik, prota 82% dengan kriteria sangat baik, promes 80% dengan kriteria baik, dan RPP 80% dengan kriteria baik. Simpulan penelitian ini adalah kualitas perangkat pembelajaran Geografi di SMA/MA Kabupaten Kudus tahun 2012 dalam kriteria baik, karena sudah sesuai dengan perencanaan pembelajaran yang ada dalam Permendiknas No 41 tahun 2007 dan KTSP, pengembangan perangkat pembelajaran Geografi harus tetap ditingkatkan, oleh karena itu disarankan: 1) Kualitas perangkat pembelajaran Geografi di SMA/MA Kabupaten Kudus harus dipertahankan dan ditingkatkan kembali melalui seminar, workshop, IHT (In House Training) dari sekolah mengenai penyusunan perangkat pembelajaran yang terbaru sesuai kurikulum yang berlaku, pengembangan perangkat pembelajaran secara mandiri yang disesuaikan dengan perkembangan teknologi, potensi peserta didik serta potensi daerah masing-masing agar kualitas pendidikan menjadi lebih baik, 2) Perlu adanya pengembangan perangkat pembelajaran Geografi agar lebih menarik dan kreatif, sehingga peserta didik menjadi lebih aktif dalam pembelajaran dan pihak sekolah juga perlu memfasilitasi sarana prasana yang mendukung proses pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas, Perangkat Pembelajaran Geografi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 19 Sep 2012 20:59
Last Modified: 19 Sep 2012 20:59

Actions (login required)

View Item