Pengaruh Insider Ownership, Kebijakan Hutang Dan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia)

M. Raffi Afrizal, 7250406586 (2012) Pengaruh Insider Ownership, Kebijakan Hutang Dan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Perusahaan dikelola untuk memperoleh keuntungan sebesar-besarnya, sehingga pemilik perusahaan mendapatkan pendapatan yang banyak. Harga pasar saham menunjukkan nilai perusahaan, apabila harga saham meningkat maka nilai perusahaan juga akan meningkat. Nilai perusahaan tercermin pada harga sahamnya. Semakin tinggi harga saham menunjukkan semakin tinggi nilai perusahaan, sehingga kemakmuran pemegang saham juga semakin tinggi. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah insider ownership, kebijakan hutang dan deviden berpengaruh secara parsial terhadap nilai perusahaan. Apakah insider ownership, kebijakan hutang dan deviden berpengaruh secara simultan terhadap nilai perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah dokumen laporan keuangan perusahaan manufaktur yang berada di Bursa Efek Indonesia. Sampel penelitian menggunakan purposive sampel yaitu pengambilan perusahaan berdasarkan kriteria tertentu. Penelitian ini adalah penelitian populasi dengan metode pengumpulan data dilakukan dengan metode pengumpulan data. Hasil penelitian diperoleh bahwa ada pengaruh secara simultan insider ownership, kebijkan hutang dan deviden berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dan secara parsial menunjukkan bahwa variabel insider ownership berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan sedangkan kebijkan hutang dan deviden tidak berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa nilai perusahaan ditentukan oleh insider ownership, kebijkan hutang dan deviden, yakni terlihat dari koefisien determinasi sebesar 30,1% dan selebihnya 69,9% dijelaskan oleh faktor-faktor lain selain variabel yang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa insider ownership, kebijakan hutang dan deviden secara simultan mempunyai pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Secara parsial hanya isnsider ownership yang berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Nilai perusahaan adalah nilai wajar perusahaan yang menggambarkan persepsi investor terhadap emiten bersangkutan. Nilai perusahaan akan meningkatkan pendapatan pemegang saham secara maksimum apabila harga saham perusahaan naik. Oleh karena itu, investor yang akan menanamkan modal disuatu perusahaan hendaknya diperusahaan yang memiliki insider ownership. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai insider ownership yang tinggi dapat meningkatkan nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Insider Ownership, Kebijakan Hutang, Dividen dan Nilai Perusahaan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 17 Sep 2012 22:18
Last Modified: 17 Sep 2012 22:18

Actions (login required)

View Item