Sistem Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan Pegawai Pada DINAS PEMUDA, OLAH RAGA, KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KABUPATEN SEMARANG

Kisbowoh, 7351306022 (2012) Sistem Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan Pegawai Pada DINAS PEMUDA, OLAH RAGA, KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Pengelolaan Sumber Daya Manusia pada organisasi atau perusahaan baik itu swasta maupun negeri perlu diterapkan, cara itu dapat ditempuh salah satunya melalui sistem penilaian prestasi kerja pegawai. Penilaian prestasi kerja merupakan media alat ukur sejauh mana pegawai melaksanakan tugasnya demi tercapainya tujuan organisasi. Penilaian prestasi yang dilakukan oleh para penilai memiliki sifat yaitu penilaian yang bersifat obyektif dan subyektif. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penilaian prestasi kerja pegawai pada Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan, dan Pariwisata Kabupaten Semarang?, (2) Apa manfaat penilaian prestasi kerja pegawai bagi organisasi dan pegawai yang dinilai?, (3) Kendala apa saja yang dihadapi dalam penilaian prestasi pegawai pada Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan, dan Pariwisata Kab. Semarang?. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui bagaimana penilaian prestasi kerja pegawai pada Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan, dan Pariwisata Kabupaten Semarang, (2) Untuk mengetahui apa saja manfaat dari penilaian prestasi kerja pegawai bagi organisasi dan pegawai yang dinilai, (3) untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi dalam penilaian prestasi kerja. Metode pengumpulan data yang digunalkan adalah metode wawancara, metode dokumentasi dan metode observasi. Penilaian pada Dinas pemuda, Olah Raga, Kebudayaan, dan Pariwisata Kabupaten Semarang dilakuakan oleh atasan langsung kepada bawahannya dengan jabatan tertinggi yaitu Kepala Dinas. DP- 3 merupakan prosedur penilaiannya, adapun kriteria yang dinilai yaitu kesetiaan, prestasi kerja, tanggung jawab, ketaatan, kejujuran, kerja sama, prakarsa, dan kepemimpinan. Penyampaian penilaian satu tahun sekali yaitu bulan Desember dengan periode penilaian dari bulan Januari sampai Desember dengan tahun yang bersangkutan. Kesimpulannya bahwa sistem penilaian pelaksanaan pekerjaan pegawai pada Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan, dan Pariwisata Kabupaten Semarang sudah baik, yaitu penilaian bersifat obyektif dari atasan kepada bawahan (manager low), meskipun masih ada beberapa unsur yaitu kesetiaan dan kejujuran yang menurut bawahan penilainnya masih bersifat subyektif. Metode penilainnya mengunakan teknik rating scale, artinya penilaian berdasarkan skala nilai, rata-rata hasil penilaian pelaksanaan pekerjaan pegawai pada setiap unsur dinilai atasan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sistem Penilaian
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 12 Sep 2012 22:09
Last Modified: 12 Sep 2012 22:09

Actions (login required)

View Item