Analisis Pengaruh Earning Per Share (EPS), Price Earning Ratio (PER), Return on Assets (ROA),dan Return on Equity (ROE), Terhadap Harga Saham Perusahaan yang Tergabung dalam Jakarta Islamic Index

Pujianto, 7350408080 (2012) Analisis Pengaruh Earning Per Share (EPS), Price Earning Ratio (PER), Return on Assets (ROA),dan Return on Equity (ROE), Terhadap Harga Saham Perusahaan yang Tergabung dalam Jakarta Islamic Index. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Faktor fundamental mempunyai pengaruh kuat terhadap harga saham, karena faktor fundamental menunjukkan kinerja keuangan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor fundamental yang terdiri dari Earning Per Share (EPS), Price Earning Ratio (PER), Return on Assets (ROA),dan Return on Equity (ROE), terhadap harga saham perusahaan yang tergabung dalam Jakarta Islamic Index secara simultan dan parsial. Penelitian ini timbul karena jika ditelaah secara teori maka masih terdapat hasil yang tidak relevan secara teori dengan kenyataannya. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang tergabung dalam Jakarta Islamic Index pada tahun 2011 yang berjumlah 30 perusahaan yang terdaftar di BEI. Hasil pengambilan sampel sama dengan populasi yaitu sebanyak 30 perusahaan. dari 30 perusahaan tersebut sebanyak 26 perusahaan yang mengeluarkan data laporan keuangan selama empat tahun (2008-2011) dan 4 perusahaan mengeluarkan laporan keuangan selama dua tahun (2010-2011), sehingga kemudian didapatkan data sebanyak 112 pasang data. Data yang digunakan adalah data sekunder. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda menggunakan alat bantu SPSS. Dari hasil analisis dapat diketahui bahwa secara simultan variabel EPS, PER, ROA, dan ROE mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap harga saham perusahan yang tergabung di Jakarta Islamic Index pada tahun 2011, hal ini dapat dilihat dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Secara parsial variabel EPS dan ROA mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap harga saham perusahan yang tergabung di Jakarta Islamic Index pada tahun 2011, sedangkan variabel PER dan ROE tidak berpengaruh terhadap harga saham perusahan yang tergabung di Jakarta Islamic Index pada tahun 2011. Hasil penelitian bagi investor bisa menjadi bahan penting bila menanamkan modalnya dapat menggunakan variabel EPS dan ROA karena rasio tersebut berpengaruh terhadap harga saham. Bagi perusahaan juga dapat menjadi bahan pertimbangan kebijakan keuangan yaitu sebaiknya lebih memperhatikan EPS dan ROA karena variabel tersebut ternyata mempunyai content yang berpengaruh pada harga saham.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Earning Per Share, Price Earning Ratio, Return on Assets, Return on Equity, dan Harga Saham
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 12 Sep 2012 22:06
Last Modified: 12 Sep 2012 22:06

Actions (login required)

View Item