Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Tiket Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Jasa Kereta Api Argo Sindoro DAOP IV Semarang”. Semarang Tahun ajaran 2006/2007

Isnu Bragasworo, 7350406009 (2012) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Tiket Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Jasa Kereta Api Argo Sindoro DAOP IV Semarang”. Semarang Tahun ajaran 2006/2007. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Salah satu tindakan untuk memuaskan konsumen adalah dengan cara memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan menganalisis sejauhmana pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap tingkat kepuasan konsumen pada KA Argo Sindoro DAOP IV Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen pengguna jasa KA Argo Sindoro tahun 2010. Sampel ditentukan dengan metode random sampling, dengan responden sebanyak 110 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (angket), dokumentasi dan wawancara. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), analisis deskriptif persentase, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis, koefisien determinasi, dan uji asumsi klasik dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 8,845+ 0,149X1 + 0,202X2. Koefisien determinasi (Adjusted R2) sebesar 0,224 hal ini berarti 22,4% kepuasan konsumen pengguna jasa KA Argo Sindoro 2010 dipengaruhi oleh kualitas pelayanan dan harga tiket, sedangkan sisanya 77,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang berada di luar variabel yang diteliti dalam penelitian ini. Simpulan penelitian ini adalah ada pengaruh kualitas pelayanan dan harga tiket secara parsial dan simultan terhadap kepuasan konsumen pengguna jasa KA Argo Sindoro 2010 DAOP IV Semarang. Disarankan untuk PT.KAI DAOP IV Semarang agar selalu melakukan inovasi dan peningkatan dari pelaksanaan kualitas pelayanan yaitu melalui indikator keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati dan indikator harga yaitu keterjangkauan harga tiket dan kesesuaian harga tiket dengan manfaat yang diterima yang dilakukan terhadap konsumen, sehingga perusahaan dapat mengetahui apakah pelaksanaan kualitas pelayanan dan harga tiket yang dilakukan sudah membuat konsumen merasa senang atau tidak. Dengan itu perusahan dapat melakukan koreksi atas pelaksanaan kualitas pelayanan dan harga tiket yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan , Harga , Kepuasan Konsumen
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 12 Sep 2012 21:57
Last Modified: 12 Sep 2012 21:57

Actions (login required)

View Item