Diskripsi Penerapan Komunikasi Organisasi Internal” (Studi pada Bagian Sekretariat Badan Penanaman Modal Daerah Provinsi Jawa Tengah).

Nurul Mazida Husna,, 7312309012 (2012) Diskripsi Penerapan Komunikasi Organisasi Internal” (Studi pada Bagian Sekretariat Badan Penanaman Modal Daerah Provinsi Jawa Tengah). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Komunikasi merupakan dasar interaksi yang paling penting dalam kehidupan manusia. Komunikasi juga mempunyai tujuan dan manfaat, dari tujuan dan manfaat komunikasi tersebut komunikasi menjadi kegiatan yang sangat penting dalam organisasi. Berdasar latar belakang tersebut, penulis merumuskan beberapa pertanyaan penelitian, yaitu : (1) Bagaimana penerapan komunikasi organisasi internal pada bagian sekretariat BPMD Provinsi Jawa Tengah?, (2) Apakah komunikasi yang efektif sudah terjadi pada Bagian Sekretariat BPMD Provinsi Jawa Tengah?, (3) Hal-hal apa sajakah yang menjadi penghambat komunikasi organisasi internal pada Bagian Sekretariat BPMD Provinsi Jawa Tengah?. Adapun tujuan yang ingin dicapai penulis dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan penerapan komunikasi organisasi internal pada Bagian Sekretariat BPMD Provinsi Jawa Tengah, (2) Untuk mendiskripsikan komunikasi yang efektif pada Bagian Sekretariat BPMD Provinsi Jawa Tengah, (3) Untuk mengidentifikasi dan menjelaskan hal-hal yang menghambat komunikasi organisasi internal pada Bagian Sekretariat BPMD Provinsi Jawa Tengah. Sedangkan manfaat yang diperoleh dari penelitian ini adalah manfaat teoritis dan manfaat praktis. Metode penulisan Tugas Akhir ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, pada penelitian ini hanya mendiskripsikan dan manganalisis mengenai keadaan masing-masing variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan komunikasi organisasi internal pada Bagian Sekretariat BPMD Provinsi Jawa Tengah dilakukan melalui komunikasi ke bawah, komunikasi ke atas, komunikasi horisontal, komunikasi diagonal ke atas dan ke bawah, komunikasi formal, komunikasi informal, komunikasi verbal, dan komunikasi non-verbal. Pelaksanaannya sudah berjalan efektif namun masih terdapat beberapa hambatan komunikasi organisasi. Dapat disimpulkan bahwa penerapan komunikasi organisasi internal dilakukan oleh semua pegawai baik atasan maupun bawahan yang dilakukan melalui klasifikasi komunikasi organisasi, pelaksanaannya sudah berjalan efektif namun masih terdapat beberapa hambatan. Oleh karena itu penulis menyarankan kepada pegawai untuk lebih meningkatkan keterampilan berkomunikasi yang efektif guna kelancaran kegiatan organisasi, Bagi Bagian Sekretariat sebaiknya mengatasi hambatan-hambatan komunikasi organisasi yang terjadi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Internal
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen Perkantoran, D3
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 12 Sep 2012 21:53
Last Modified: 12 Sep 2012 21:53

Actions (login required)

View Item