Pengaruh Motivasi Belajar dan Cara Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi Siswa Kelas XI IS SMA Mardisiswa Semarang Tahun Ajaran 2011/2012

Hukmiyata Fortunella, 7101408104 (2012) Pengaruh Motivasi Belajar dan Cara Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi Siswa Kelas XI IS SMA Mardisiswa Semarang Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Hasil belajar ekonomi akuntansi dipengaruhi oleh faktor internal yaitu faktor yang berasal dari dalam diri siswa dan faktor eksternal yaitu faktor yang berasal dari luar diri siswa. Hasil belajar SMA Mardisiswa Semarang masih rendah, diduga penyebabnya adalah rendahnya motivasi belajar siswa dan cara belajar siswa yang kurang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan cara belajar ekonomi akuntansi pada siswa XI IS SMA Mardisiswa Semarang tahun ajaran 2011/2012 secara simultan dan parsial. Penelitian ini merupakan penelitian populasi yaitu siswa kelas XI IS SMA Mardisiswa Semarang sebanyak 87 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel Y yaitu hasil belajar dan variabel X1 yaitu motivasi belajar serta variabel X2 yaitu cara belajar. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode dokumentasi dan metode angket. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi berganda yaitu dengan bantuan komputer program SPSS for Windows 16.0. Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan positif antara motivasi belajar dan cara belajar terhadap hasil belajar baik secara simultan maupun parsial. Kontribusi motivasi belajar dan cara belajar terhadap hasil belajar secara simultan sebesar 26,1%. Besarnya pengaruh secara parsial variabel motivasi belajar sebesar 5,57%. Besarnya pengaruh secara parsial variabel cara belajar sebesar 4,48%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh positif motivasi belajar dan cara belajar terhadap hasil belajar ekonomi akuntansi baik secara simultan maupun parsial. Saran bagi siswa yaitu siswa hendaknya selalu berusaha menghadapi kesulitan dalam memecahkan soal-soal akuntansi, siswa hendaknya membuat jadwal belajar saja, siswa hendaknya belajar sesuai jadwal, dan siswa hendaknya mengulang materi pelajaran yang diajarkan oleh guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Cara Belajar
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 12 Sep 2012 21:40
Last Modified: 12 Sep 2012 21:40

Actions (login required)

View Item