Meningkatkan kualitas hasil belajar sikap lilin pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Sidomukti Weleri dengan metode pengurangan alat bantu

Ma’rifah, 6102910003 (2012) Meningkatkan kualitas hasil belajar sikap lilin pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Sidomukti Weleri dengan metode pengurangan alat bantu. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Dari data awal yang diperoleh di SDN 3 Sidomukti Weleri Kendal terdapat masalah dalam pembelajaran Sikap lilin model konvensional yang lebih didominasi oleh guru, guru menganggap metode demonstrasi merupakan alternative dalam pembelajaran sikap lilin. menyebabkan siswa menjadi pasif, sehingga hasil belajar siswa rendah, untuk itu perlu adanya suatu tindakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.Metode pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode pengurangan alat bantu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah metode pengurangan alat bantu ini dapat meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran sikap lilin kelas IV SDN 3 Sidomukti, (2) Apakah metode ini dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran sikap lilin (3) Apakah metode ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode pengurangan alat bantu yang terdiri dua siklus dan setiap siklus terdapat empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 3 Sidomukti Weleri, teknik dalam pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I keterampilan guru mendapatkan skor 2 dengan kriteria cukup, aktivitas siswa mendapatkan skor 1,9 dengan kriteria cukup, hasil belajar siswa siklus I mendapatkan nilai rata-rata 69,7 dengan dengan presentase ketuntasan mencapai 61,2%. Pada siklus II keterampilan guru mendapatkan skor 3 dengan kriteria baik, aktivitas siswa mendapatkan skor 3,1 dengan kriteria baik, hasil belajar siswa mendapatkan nilai rata-rata 78,8 dengan presentase ketuntasan mencapai 83,8%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode pengurangan alat bantu dapat meningkatkan kualitas pembelajaran sikap lilin, sehingga diharapkan guru dapat mengembangkan penggunaan pembelajaran pada materi lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas pembelajaran sikap lilin, metode pengurangan alat bantu
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 12 Sep 2012 20:46
Last Modified: 12 Sep 2012 20:46

Actions (login required)

View Item