Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Lempar Turbo Melalui Pendekatan Permainan Bola Kecil pada Siswa Kelas IV SDN 3 Kedungsuren

Ratri Woro Sayekti, 6102910002 (2012) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Lempar Turbo Melalui Pendekatan Permainan Bola Kecil pada Siswa Kelas IV SDN 3 Kedungsuren. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Permasalahan yang dihadapi oleh guru di kelas adalah keterampilan lempar turbo siswa kelas IV SDN 3 Kedungsuren yang masih rendah ditandai persentase anak yang mampu melakukan lempar turbo hanya 19,23%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran dengan pendekatan permainan bola kecil dapat meningkatkan hasil belajar lempar turbo siswa kelas IV SDN 3 Kedungsuren tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tahap pratindakan, tahap siklus I dan tahap siklus II. Tindakan yang dilakukan pada tiap siklus meliputi: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai dengan Juni 2012 dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN 3 Kedungsuren tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 26 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi tes praktik lempar trubo, lembar observasi aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran, dan angket tanggapan siswa mengenai pelaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase untuk mengungkap hasil ketuntasan belajar klasikal siswa. Hasil pretest menunjukkan bahwa hanya 19,23% siswa mampu melakukan lempar turbo dengan benar. Dengan menggunakan pendekatan permainan bola kecil, hasil siklus I menunjukkan bahwa 65,38% siswa mencapai ketuntasan belajar, dengan persentase keaktifan 76% dan merespon positif pembelajaran melalui angket sebesar 74,36%. Hasil siklus II menunjukkan bahwa 88,46% siswa mencapai ketuntasan belajar, dengan persentase keaktifan 87% dan merespon positif pembelajaran melalui angket sebesar 86,92%. Karena persentase ketuntasan klasikal hasil belajar siswa melampaui 80%, penelitian tindakan kelas ini telah mencapai indikator keberhasilan. Simpulan penelitian ini adalah penerapan pembelajaran penjasorkes materi lempar turbo dengan menggunakan pendekatan permainan bola kecil dapat meningkatkan keterampilan lempar turbo siswa kelas IV SD Negeri 3 Kedungsuren tahun pelajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, lempar turbo, pendekatan permainan bola kecil
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 12 Sep 2012 20:42
Last Modified: 12 Sep 2012 20:42

Actions (login required)

View Item