Peningkatan Hasil Belajar Akuntansi Pokok Bahasan Jurnal Penyesuaian Melalui Kolaborasi Metode Kasus Dengan Metode Think Pair Share Di Kelas XI IPS SMA Al-Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012.

Rizqiana Artha Swastike, 7101408191 (2012) Peningkatan Hasil Belajar Akuntansi Pokok Bahasan Jurnal Penyesuaian Melalui Kolaborasi Metode Kasus Dengan Metode Think Pair Share Di Kelas XI IPS SMA Al-Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Pembelajaran akuntansi memberikan pengetahuan dasar bagi siswa SMA yang ingin mengembangkan karirnya di bidang akuntansi, atau akan menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi di bidang akuntansi. Hasil observasi awal di SMA Al-Irsyad Tegal diperoleh data bahwa hasil belajar siswa yang masih rendah, permasalahan pada penelitian ini adalah pokok bahasan jurnal penyesuaian dianggap sebagai kompetensi dasar yang paling sulit dalam pembelajaran akuntansi hal ini terbukti dengan masih rendahnya rata-rata ketuntasan klasikal 46,07 %. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar akuntansi siswa pada pokok bahasan jurnal penyesuaian, setelah dilakukan penelitian tindakan kelas dengan kolaborasi metode kasus dan metode think pair share. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Al-Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012. Prosedur penelitian ini merupakan siklus kegiatan yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, tes, angket, observasi. Indikator keberhasilan penelitian ini jika ketuntasan klasikal hasil belajar yang dicapai siswa mencapai 85% dengan nilai minimal 70. Hasil penelitian diperoleh hasil belajar siswa sebelum tindakan melalui pre test mencapai ketuntasan klasikal 53,33%. Setelah dilakukan tindakan hasil belajar siswa pada post test meningkat hingga mencapai ketuntasan klasikal 86,67% dengan rata-rata nilai 75,70. Sehingga terjadi peningkatan sebesar 33,34%. Pembelajaran dengan kolaborasi metode kasus dan metode think pair share mendapat respon baik dari siswa dengan rata-rata persentase tanggapan 80,10 % Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 pada pokok bahasan jurnal penyesuaian melalui kolaborasi metode kasus dengan metode think pair share. Saran yang berkaitan dengan penelitian ini adalah guru hendaknya meningkatkan kemandirian dan ketrampilan siswa dalam pembelajaran dengan memberikan penghargaan kepada setiap aktivitas siswa agar dapat memotivasi siswa untuk selalu belajar giat dan memperoleh hasil belajar yang optimal. Guru hendaknya memperhatikan kondisi siswa dalam pembagian kelompok, agar tidak terkonsentrasi pada suatu kelompok siswa yang pandai saja atau yang kurang. sehingga dapat saling melengkapi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Metode Kasus, Metode Think Pair Share.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 12 Sep 2012 03:54
Last Modified: 12 Sep 2012 03:54

Actions (login required)

View Item