Pengaruh Kompetensi Pemahaman Materi, Kepercayaan Diri Dan Minat Terhadap Karakter Mandiri Siswa Dalam Pembelajaran Akuntansi Pada Siswa Kelas XI IS SMA Negeri 2 Semarang Tahun Ajaran 2011/2012

Reny Fitriyana, , 7101408029 (2012) Pengaruh Kompetensi Pemahaman Materi, Kepercayaan Diri Dan Minat Terhadap Karakter Mandiri Siswa Dalam Pembelajaran Akuntansi Pada Siswa Kelas XI IS SMA Negeri 2 Semarang Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Kompetensi pemahaman materi, kepercayaan diri dan minat menjadi faktor penting dalam meningkatkan kemandirian siswa dalam mengerjakan soal akuntansi, yang salah satunya melalui drilling soal. Namun, berdasarkan pengamatan penulis pada kompetensi dasar jurnal umum, karakter mandiri siswa dalam kondisi Belum Tampak (BT) meningkat dan pada kondisiMulai Tampak (MT) menunjukkan adanya penurunan. Sehingga, terdapat permasalahan dalam karakter mandiri siswa pada pembelajaran akuntansi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi pemahaman materi, kepercayaan diri dan minat terhadap karakter mandiri siswa dalam pembelajaran akuntansi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 90 siswa. Oleh karena sampel kurang dari 100, maka pengambilan sampel berdasarkan sampel populasi yakni sebanyak 90 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kompetensi pemahaman materi, kepercayaan diri dan minat. Sedangkan variabel terikat penelitian ini adalah karakter mandiri. Metode kuisioner yang digunakan adalah angket, tes dan skala psikologi. Pengujian hipotesisnya menggunakan ujiKoefisien Determinasi (R2), uji simultan dan uji parsial. Berdasarkan hasil analisis uji Koefisien Determinasi (R2), diperoleh Adjusted R20,588. Berdasarkan uji simultan diperoleh nilai F hitung 43,254. Sedangkan, uji parsial kompetensi pemahaman dengan probabilitas 0,000, kepercayaan diri dengan probabilitas 0,000 dan minat dengan probabilitas 0,013 kurang dari signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kompetensi pemahaman materi, kepercayaan diri dan minat terhadap karakter mandiri dalam pembelajaran akuntansi. Sehingga, guru hendaknya memperhatikan dan menekankan ketiga faktor tersebut dalam pembelajaran akuntansi agar karakter mandiri siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Kepercayaan, Minat, Mandiri, Pembelajaran, Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 12 Sep 2012 02:57
Last Modified: 12 Sep 2012 02:57

Actions (login required)

View Item