Pengaruh kemampuan manajerial penggurus, Pendidikan Perkoperasian dan Partisipasi Anggota terhadap Sisa Hasil Usaha (SHU) Anggota KSP Anugerah Kecamatan Boja Kabupaten Kendal

Sri Nurhayati, , 7101407270 (2012) Pengaruh kemampuan manajerial penggurus, Pendidikan Perkoperasian dan Partisipasi Anggota terhadap Sisa Hasil Usaha (SHU) Anggota KSP Anugerah Kecamatan Boja Kabupaten Kendal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Perkoperasian, Partisipasi Anggota, Sisa Hasil Usaha Anggota Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah perolehan Sisa Hasil Usaha (SHU) KSP ANUGERAH Boja yang tergolong masih rendah jika dibandingkan dengan jumlah modal yang cukup besar yang dimiliki oleh KSP ANUGERAH BOJA. Hal ini ditunjukan dengan perolehan SHU pada tahun 2010 sampai 2011 hanya mengamlami kenaikan sebesar 11 juta saja, sedangkan modal yang miliki di atas 1 milyar. Keberhasilan koperasi dapat dilihat dari perolehan SHU dan anggotanya dapat berpartisipasi dengan baik. Untuk mewujudkan hal tersebut perlu diperlukan adanya komponen yang mendukung, salah satunya adalah adanya kemampuan manajerial pengurus yang baik terhadap SHU anggota dan juga adanya pendidikan perkoperasian yang baik terhadap SHU anggota dan partisipasi yang baik terhadap SHU anggota. Permasalan dalam penelitian ini adalah Adakah pengaruh kemamapuan manajerial pengurus, pendidikan perkoperasian, partisipasi anggota dan Sisa Hasil Usaha (SHU) anggota di KSP “ANUGERAH” Kecamatan Boja Kabupaten Kendal secara bersama-sama maupun parsial, Seberapa besar pengaruh kemamapuan manajerial pengurus, pendidikan perkoperasian, partisipasi anggota dan Sisa Hasil Usaha (SHU) anggota di KSP “ANUGERAH” di Kecamatan Boja Kabupaten Kendal baik secara simultan maupun parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah sebagian anggota KSP ANUGERAH kecamatan Boja kabupaten Kendal sejumlah 395 anggota. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Area Probability Sampel sehingga diperoleh sampel 100 orang. Ada tiga variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu kemampuan manajerial pengurus (X1), pendidikan perkoperasian (X2), partisipasi anggota (X3), dan Sisa Hasil Usaha anggota (Y). Data dalam penelitian ini merupakan data primer dengan mengggunakan kuesioner yang telah diuji validitasnya dan reliabilitasnya. Metode ananlisis data menggunakan asumsi klasik dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan manajerial pengurus, pendidikan perkoperasian dan partisipasi anggota secara signifikan berpengaruh terhadap Sisa Hasil Usaha (SHU) anggota. Secara parsial kemampuan manajerial pengurus berpengaruh terhadap SHU anggota sebesar 9% pendidikan perkoperasian berpengaruh terhadap SHU anggota sebesar 15% dan partisipasi anggota berpengaruh secara terhadap SHU anggota sebesar 16%. Secara simultan kemampuan manajerial pengurus, pendidikan perkoperasian dan partisipasi anggota terhadap SHU anggota berpengaruh sebesar 54,2%,sedangkan 45,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil penelitian yaitu koperasi perlu meningkatkan kemampuan manajerial pengurus pada koperasi perlu lebih ditingkatkan lagi, Untuk pendidikan perkoperasian anggota agar lebih ditingkatkan lagi, Untuk partisipasi anggota agar lebih ditingkatkan lagi terutama dalam indikator partisipasi anggota dalam permodalan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Manajerial Pengurus, Pendidikan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 12 Sep 2012 00:10
Last Modified: 12 Sep 2012 00:10

Actions (login required)

View Item