Pengembangan Permainan Tolak Sasaran Dalam Pembelajaran Tolak Peluru Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Cepiring Kabupaten Kendal Tahun Ajaran 2011/2012

Heri Siswanto, 6101408195 (2012) Pengembangan Permainan Tolak Sasaran Dalam Pembelajaran Tolak Peluru Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Cepiring Kabupaten Kendal Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Permainan tolak peluru dengan sarana, prasarana, dan peraturan yang sebenarnya adalah permainan yang kurang sesuai dengan karakteristik siswa, sedangkan siswa dituntut untuk bisa menguasai teknik dan permainan tolak peluru dengan baik. Dengan melihat kenyataan tersebut di lapangan, perlu pengembangan pembelajaran dengan suatu modifikasi permainan tolak sasaran. Permasalahan yang akan dikaji yaitu “Bagaimanakah model pengembangan tolak sasaran dalam pembelajaran Tolak Peluru Siswa Kelas VII SMP 3 Cepiring Kabupaten Kendal Tahun Ajaran 2011/2012 dengan tujuan untuk mengetahui model pengembangan permainan tolak sasaran dalam pembelajaran tolak peluru. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan (research-based development) dari Brog dan Gall yang telah dimodifikasi. Prosedur pengembangan permainan tolak sasaran ini yaitu: (1) Analisis kebutuhan, yang bertujuan untuk menentukan apakah model permainan tolak sasaran dalam pembelajaran tolak peluru ini dibutuhkan atau tidak; (2) Pembuatan produk awal dengan membuat produk berdasarkan kajian teori kemudian dievaluasi oleh satu ahli penjasorkes dan dua guru pendidikan jasmani sebagai ahli pembelajaran, subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP 3 Cepiring; (3) Uji coba produk untuk mengumpulkan data yang dapat digunakan sebagai dasar menetapkan tingkat keefektifan, efesiensi, dan daya tarik dari produk yang dihasilkan; (4) Revisi produk pertama merupakan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba kelompok kecil; (5) Uji lapangan dengan menggunakan Subjek uji coba 36 peserta didik kelas VII A SMP 3 Cepiring; (6) Revisi produk akhir merupakan revisi dari hasil uji lapangan yang telah di ujicobakan siswa kelas VII A SMP 3 Cepiring; dan (7) Hasil akhir berupa permainan tolak sasaran. Setelah dilakukan analisis data penelitian mengenai pengembangan model permainan tolak sasaran, berdasarkan hasil analisis data uji coba kelompok kecil diperoleh persentase sebesar 83,7% memenuhi kriteria baik dan hasil analisis data uji lapangan diperoleh persentase sebesar 93% memenuhi kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa produk permainan tolak sasaran dalam pembelajaran tolak peluru sudah dapat dipraktikkan kepada subjek uji coba yaitu pada siswa kelas VII SMP 3 Cepiring Kendal. Dalam pengembangan model permainan tolak sasaran sebaiknya: (1) dibuat suatu permainan yang menarik sehingga tidak menjadikan siswa menjadi bosan, (2) masih perlu adanya sebuah pengembangan yang lebih lanjut yang tentunya disesuaikan dengan kondisi fasilitas yang tersedia di sekolahan, sehingga pembelajaran permainan tolak sasaran dapat digunakan lebih efektif lagi dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Model Pembelajaran, Permainan Tolak Sasaran
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 Sep 2012 23:30
Last Modified: 10 Sep 2012 23:30

Actions (login required)

View Item