Model pengembangan permainan bola simpai dalam pembelajaran passing atas bola voli pada siswa kelas VIIIA SMP N 1 Kradenan, Kab. Grobogan tahun 2012

Trisnawati, 6101408057 (2012) Model pengembangan permainan bola simpai dalam pembelajaran passing atas bola voli pada siswa kelas VIIIA SMP N 1 Kradenan, Kab. Grobogan tahun 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Sosialisasi olahraga bola voli melalui sekolah ternyata cukup efektif karena bola voli merupakan salah satu bentuk permainan yang dapat dipelajari dan dimainkan oleh anak-anak tingkat satuan dasar dan perguruan tinggi. Bola voli termasuk olahraga yang sangat digemari karena olahraga ini sangat unik, mudah dipelajari dan mudah dipahami. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana model permainan bola simpai dalam pembelajaran passing atas bola voli pada siswa kelas VIIIA SMP N 1 Kradenan. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan model pengembangan permainan bola simpai dalam pembelajaran passing atas bola voli pada siswa kelas VIIIA SMP N 1 Kradenan. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Borg & Gall yang telah dimodivikasi, yaitu : (1) melakukan pendahuluan dan pengumpulan informasi termasuk observasi lapangan dan landasan teori, (2) mengembangkan produk awal (3) evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran, serta uji kelompok kecil, dengan menggunakan kuisoner yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk berdasarkan hasi dari evaluasi ahli dan uji coba skala kecil (28 siswa), (5) uji lapangan (40 siswa), (6) revisi produk yang dilakukan berdasarkan hasil uji lapangan, (7) hasil model pengembangan permainan bola simpai bagi siswa kelas VIIIA SMP N 1 Kradenan yang dihasilkan melalui revisi uji lapangan. Data berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuisoner oleh siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase untuk mengungkap aspek psikomotor, kognitif dan afektif siswa setelah menggunakan produk. Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli penjas 72% (baik), ahli pembelajaran I 98,67% (sangat baik), ahli pembelajaran II 93,33 (sangat baik), uji coba kelompok kecil 89,40% (baik), dan uji lapangan 93,58% (sangat baik). Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa model permainan bola simpai dalam pembelajaran passing atas ini dapat digunakan bagi siswa SMP N 1 Kradenan, Kab. Grobogan. Dari hasil tersebut disimpulkan model pengembangan permainan bola simpai dalam pembelajaran passing atas bola voli termasuk kategori sangat baik, sehingga dapat digunakan dalam pembelajara pernjas orkes kelas VIIIA SMP N ! Kradenan. Dapat disarankan bagi guru penjasorkes SMP N 1 Kradenan, dapat memanfaatkan model pengembangan permainan ini, dan dapat menambah variasi-variasi yang lebih kreatif dan inovatif dalam pembelajaran penjasorker, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 Sep 2012 23:13
Last Modified: 10 Sep 2012 23:13

Actions (login required)

View Item