Kompetensi profesional guru pendidikan jasmani Dalam Proses Pembelajaran di MI Se-kecamatan Banjarmangu, kabupaten Banjarnegara tahun 2012

Alvian Lotus Hidayat Priatama, 6101408048 (2012) Kompetensi profesional guru pendidikan jasmani Dalam Proses Pembelajaran di MI Se-kecamatan Banjarmangu, kabupaten Banjarnegara tahun 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi profesional guru pendidikan jasmani dalam proses pembelajaran di MI se-kecamatan Banjarmangu, kabupaten Banjarnegara tahun 2012, dan dilatarbelakangi oleh sebagian guru yang ada dan sebagai pelaksana pembelajaran bukan dari lulusan sarjana pendidikan olahraga. Skripsi ini untuk menjawab masalah penelitian : bagaimana kompetensi profesional guru pendidikan jasmani dalam proses pembelajaran di MI se-kecamatan Banjarmangu, kabupaten Banjarnegara. Obyek penelitian ini adalah guru pendidikan jasmani di MI se-kecamatan Banjarmangu yang berjumlah 12 guru. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah yang berjumlah 12 kepala sekolah dan peserta didik sejumlah 240 siswa yang ada di MI se-kecamatan Banjarmangu, Kabupaten Banjarnegara Tahun 2012. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Definisi operasional variabel dalam penelitian ini adalah Kompetensi profesional guru pendidikan jasmani dalam proses pembelajaran. Sub indikator dalam penelitian ini yaitu : kemampuan guru dalam menyusun program pembelajaran, persiapan pembelajaran, menyiapkan sarana prasarana, perencanaan evaluasi, penguasaan materi, metode mengajar, penggunaan sarana prasarana, penilaian praktik, penilaian sikap dan perilaku, dan keberhasilan proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga.Data yang didapat dari metode angket diolah dengan menggunakan analisis deskriptif persentase. Berdasarkan perhitungan deskriptif persentase diketahui bahwa 8 guru (66,7%) pada mata pelajaran pendidikan memiliki kompetensi profesional dalam kategori cukup, sedangkan 4 guru (33,3%) pada mata pelajaran pendidikan jasmani memiliki kompetensi profesional kategori baik dan dalam keberhailan proses pembelajaran 12 guru yang mengampu mata pelajaran pendidikan jasmani di MI se-Kecamatan Banjarmangu, Kabupaten Banjarnegara Tahun 2012 memiliki kriteria cukup baik dalam keberhasilan proses pembelajaran. Maka dengan hasil penelitian yang dilakukan diharapkan guru yang mengampu mata pelajaran pendidikan jasmani di MI se-kecamatan Banjarmangu, Kabupaten Banjarnegara tahun 2012 mau meningkatkan kompetensinya, dan guru harus selalu berupaya untuk meningkatkan kemampuan baik melalui pelajaran lanjut, mengikuti penataran, mengikuti kegiatan yang relevan dengan mata pelajaran pendidikan jasmani.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Profesional Guru pendidikan jasmani
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 Sep 2012 23:10
Last Modified: 10 Sep 2012 23:10

Actions (login required)

View Item