Modifikasi Permainan Sepakbola dengan 1 Gawang untuk Pembelajaran Siswa Kelas VII MTs Al Hidayah Gunungpati Kota Semarang Tahun Ajaran 2011/2012

Dony Setiawan , 6101405096 (2012) Modifikasi Permainan Sepakbola dengan 1 Gawang untuk Pembelajaran Siswa Kelas VII MTs Al Hidayah Gunungpati Kota Semarang Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Banyak faktor yang menyebabkan pelaksanaan permainan sepakbola pada siswa MTs tidak dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya diantaranya sekolah tidak memiliki lapangan sepakbola, kondisi fisik siswa belum memungkinkan dan waktu pembelajaran yang terbatas sehingga perlu dikembangkan model pembelajaran sepakbola untuk siswa MTs. Berdasarkan uraian tersebut muncul permasalahan yang menarik untuk diteliti, yaitu: Bagaimana modifikasi permainan sepakbola dengan 1 gawang untuk pembelajaran siswa kelas VII MTs. Adapun tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui bentuk pemainan sepakbola melalui modifikasi permainan sepakbola dengan 1 gawang untuk pembelajaran siswa kelas VII MTs. Penelitian pengembangan (research-based development) ini dilakukan dengan langkah-langkah: 1) Melakukan studi pendahuluan dan mengumpulkan informasi termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, 2) Mengembangkan draf awal yang berupa peraturan dan sarana permainan sepakbola yang dimodifikasi, 3) Evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli sepakbola dan satu ahli pembelajaran serta uji coba kelompok kecil dengan menggunakan kuesioner, 4) Revisi draf pertama, revisi draf berdasarkan hasil evaluasi ahli dan uji kelompok kecil. Revisi ini digukanan sebagai perbaikan terhadap draf awal yang dibuat oleh peneliti, 5) Uji lapangan, 6) Revisi draf akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji lapangan, dan 7) Hasil akhir model modifikasi permainan sepakbola 1 gawang untuk pembelajaran siswa kelas VII MTs yang dihasilkan melelui revisi uji lapangan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini, yaitu berdasarkan penilaian ahli sepakbola dan ahli pembelajan menunjukkan draf awal modifikasi permainan sepakbola dengan 1 gawang yang telah dibuat dinyatakan baik walaupun masih perlu direvisi pada bagian-bagian tertentu. Berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil menunjukkan tanggapan pada draf modifikasi permainan sepakbola dengan 1 gawang sudah baik (82,0%) sedangkan hasil pengukuran denyut nadi menunjukkan adanya peningkatan. Hasil uji coba lapangan menunjukkan tanggapan pada draf modifikasi permainan sepakbola dengan 1 gawang yang meliputi aspek psikomotor, kognitif dan afektif juga sudah baik (88,2%) sedangkan hasil pengukuran denyut nadi juga menunjukkan adanya peningkatan. Simpulan dari penelitian ini yaitu: 1) Modifikasi permainan sepakbola dengan 1 gawang sesuai untuk media pembelajaran penjasorkes kelas VII MTS, dan 2) Draf modifikasi permainan sepakbola dengan 1 gawang dapat diterima dan dilaksanakan dalam proses pembelajaran penjasorkes di MTs. Oleh karena itu dapat diajukan saran: 1) Guru penjasorkes perlu mempertimbangkan penggunaan produk modifikasi permainan sepakbola dengan 1 gawang sebagai alternatif dalam menyampaikan pembelajaran sepakbola bagi siswa kelas VII MTs, dan 2) Bagi penelitian selanjutnya yang tertarik melakukan kajian sejenis dapat memperbaiki kelemahan-kelemahan dalam penelitian ini agar diperoleh hasil produk modifikasi permainan sepakbola dengan 1 gawang untuk pembelajaran penjasorkes yang semakin baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 Sep 2012 23:05
Last Modified: 10 Sep 2012 23:05

Actions (login required)

View Item